PEKANBARU, GORIAU.COM - Partai Golkar Riau memastikan mengusung kader sendiri untuk calon Gubernur Riau pada Pilkada 2013. Empat kader yang diusung merupakan tiga bupati dan satu anggota DPRD. Merea adalah Annas Maamun (Ketua Partai Golkar Riau/Bupati Rokan Hilir), Syamsuar (Bupati Siak), HM Harris (Bupati Pelalawan) dan Karmila (anggota DPRD Rokan Hilir).

''Empat nama ini sudah diajukan seminggu lalu tepatnya pada 13 Marer 2013. Nanti DPP lah yang menilai siapa dari mereka yang paling layak maju di Pemilukada Riau, September," kata Wakil Ketua Golkar Riau Bidang Informasi dan Komunikasi, Eddy Akhmad RM kepada Analisa, Minggu (24/3) malam.

Mantan Ketua Dewan Kesenian Riau ini menambahkan, pengusulan empat Nama itu sesuai dengan komitmen awal Golkar, yakni mengusung calon dari kader sendiri. Selain itu pengusulan nama itu juga karena untuk mengakomodir permintaan dari pengurus DPD II.

Pengusulan nama itu sekaligus mementahkan prediksi orang yang menyebut dua "orang dekat" Gubernur Riau Rusli Zainal akan maju menggunakan "perahu" Partai Golkar yakni Septina Primawati Rusli dan mantan Bupati Bengkalis yang kini menjabat Kepala Badan Inspektorat Wilayah Provinsi (Itwilprov) Riau Syamsurizal.

Eddy mengatakan setelah pengajuan empat nama itu selanjutnya pusat akan melakukan survei. Tidak menutup kemungkinan DPP Golkar juga akan melakukan survei terhadap calon Gubernur Riau lain yang diusung oleh partai politik di luar Golkar. (ad)