PEKANBARU, GORIAU.COM - Rentetan kasus dugaan suap sapi impor memang berpengaruh sampai ke Riau. Kenapa tidak, dua kali jadwal kedatangan presiden DPP PKS Anis Mata batal karena dipanggil KPK menjadi saksi Luthfi Hasan Ishaaq dalam kasus tersebut.

Akibatnya, pembekalan caleg DPRD I dan DPRD II se-Riau belum terlaksana sampai saat ini. Dalam rencananya, DPW PKS Riau mengadakan pembekalan buat para Caleg yang ikut bertempur dalam Pileg 2014 mendatang pada tanggal 9 Mei dan 18 Mei kamarin. Mendadak tanggal tersebut rupanya pemanggilan Anis Mata untuk saksi mantan presiden DPP PKS Luthfi Hasan Ishaaq yang tersandung masalah penambahan kuota sapi impor.

Hal itu dibenarkan Ketua Departemen Humas dan Protokoler DPW PKS Riau Mansyur HS, Senin (20/5/2013).

"Karena ada pemanggilan untuk menjadi saksi, maka Presiden tak bisa hadir ke Riau. Ini menunjukan adanya itikad baik beliau untuk menghormati hukum ," ujarnya.

Dikatakan Mansyur, selain presiden DPP PKS Anis Mata, juga Sekretaris Jendral Taufik Ridlo sedianya juga datang. Namun, hal itu hanya digantikan oleh ketua DPP wilayah dakwah (Wilda) Sumatra Khairul Anwar.

"Acara tetap ada pasa saat itu, tetapi bukan pembekalan," ujarnya.

Kapan pembekalan Caleg ini akan kembali ditaja, Mansyur belum bisa memastikan.(kha)