PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Berbeda dengan tingkah kelompok remaja anggota Suardirejo alias Klewang (57) yang suka berbuat onar, mencuri, menjambret hingga menganiaya dan memperkosa. Putra-putri di Kabupaten Pelalawan ini justru disubukkan dengan hal-hal positif dari kegiatan agamis, mulai dari mengaji hingga belajar menjadi muazin. Semuanya dirangkum dalam kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang sehari lagi bakal segera usai.

"Besok malam penutupan MTQ tingkat Kabupaten Pelalawan di Kuala Kampar. Belum dipastikan siapa yang akan menutup, mungkin Wakil Bupati (Drs. H Marwan Ibrahim,red)," kata Kabag Humas dan PDE Setkab Pelalawan Drs Faridh Mukhtar Senin (20/5/2013).

Ketua Majlis Syarhil Quran MTQ XII Kabupaten Pelalawan DR H Edi Iskandar,M.Pd yang dikonfirmasi terkait perkembangan pelaksanaan perlombaan cabang-cabang MTQ yang diikuti 12 kecamatan di Kabupaten Pelalawan menjelaskan, hari Senin (20/5) dilaksanakan final cabang syarhil dan M2IQ.

"Hari ini final dua cabang ini dan malam nanti (Senin malam (20/5,red) juga dilaksanakan final tilawah dewasa putra dan putri dan besok malam (Selasa malam (21/5) penutupannya," katanya.

Disebutkan, ada beberapa tim cabang Syarhil dan M2IQ yang masuk final dan berpeluang menjadi yang terbaik. Ada 3 team memperebutkan posisi terbaik, yakni team Pangkalan Kerinci, Pangkalan Kuras dan Teluk Meranti. "Alhamdulillh tiga tim tampil denga sangat memukau dihadapan ratusn penggembira yang berlangsung di Gedung Penghulu Monel Teluk Dalam," ungkapnya.

Edi yang juga Ketua salah satu bidang di LPTQ Pelalawan menambahkan dari tahun ke tahun hasil dari MTQ yang dilaksanakan terus bermunculan bibit-bibit baru. Begitu pula dengan cabang lainnya, sehingga diharapkan hal ini bisa menjadi pertanda baik pemahaman tentang kandungan Al Quran.

"Besok malam akan diketahui siapa saja mereka yang terbaik yang nantinya akan menjadi utusan Kabupaten Pelalawan pada MTQ tingkat Provinsi Riau nantinya,’’tutup Edi Iskandar yang juga Ketua MDI Pelalawan ini.," ujarnya.

Sebelumnya, Kamis malam (16/5) lalu MTQ ke XII tingkat Kabupaten Pelalawan yang dilaksanakan di Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Kuala Kampar dibuka resmi oleh Bupati Pelalawan H M Harris. Pada kesempatan itu Bupati Pelalawan mengajak masyarakat melaksanakan program Maghrib Mengaji.(ilm)