PEKANBARU, GORIAU.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Riau akan memanggil semua Diskes Kabupaten/Kota beserta Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan sektor terkait lainnya, Jumat (14/3/2014) besok untuk membahas apa upaya yang lebih tajam lagi untuk mengurangi dampak kabut asap yang semakin tebal.

Dampak kabut asap ini semakin memberikan efek negatif terhadap kesehatan masyarakat di Riau. Mulai dari penderita ISPA, mata, kulit dan pneumonia semakin hari semakin bertambah.

Namun dijelaskan Zainal, langkah pasti yang harus dilakukan masyarakat saat ini adalam meminimalkan aktivitas di luar rumah dan ruangan. Karena status cuaca di Riau sudah sangat berbahaya.

"Imbauan tegas kepada masyarakat saat ini yakni jangan terlalu banyak melakukam kegiatan di luar dan harus menggunakan masker setiap saat," sambung Zainal.

Selain itu, Diskes Riau terus melakukan pantauan setiap pagi dengan berkeliling untuk memantau aktivitas-aktivitas di luar yang dilakukan masyarakat. "Masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkannya," pungkas Zainal.***