PEKANBARU, GORIAU.COM - Kebiasaan mangkir dari kehadiran ternyata tidak hanya disukai para siswa, namun istilah tak datang atau ''bolos'' juga terjadi pada gladi bersih penyampaian visi misi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2013-2018 di gedung DPRD Riau, Jumat (16/8/2013). Dari lima calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, hanya pasangan Lukman Edy - Suryadi Khusaini (LURUS) yang hadir pada gladi bersih yang dilaksanakan oleh KPU Riau.

Seyogyanya, gladi bersih diikuti oleh seluruh calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau karena undangannya disampaikan langsung oleh ''wasit'' Pilgubri yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau. Seperti diketahui, Pilgubri akan diikuti oleh lima pasangan calon yaitu Herman Abdullah - Agus Widayat, Annas Maamun - Andi Rahman, Lukman Edy - Suryadi Khusaini, Achmad - Masrul Kasmy dan Jon Erizal - Mambang Mit.

Pada gladi yang dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Riau, Jumat (16/8/2013) tadi siang para calon gubernur dan wakil gubernur itu hanya diwakili oleh ''pemeran peran'' kecuali Lukman Edy dan Suryadi.

Sementara itu Lukman Edy yang diminta komentarnya usai gladi bersih mengatakan, ''kami hadir selain menghormati undangan KPU dan memberi dukungan kepada tim, juga untuk mengetahui medan''.

Disampaikannya juga, di samping itu, meski Gedung DPRD Riau ini merupakan ''rumah lama'' mereka (Lukman Edy 7 tahun menjadi anggota DPRD Riau dan Suryadi Khusaini 10 tahun menjadi anggota DPRD Riau), namun, LURUS mengaku perlu menghadiri undangan gladi bersih untuk lebih memahami medan.

''Awalnya kita tidak mau menghadiri karena sudah hapal betul seluk beluk gedung ini, namun kita perlu juga mengetahui medan, jangan sampai keliru, duduk dimana, podium dimana, gladi ini penting, Kapolda saja hadir,'' tambahnya. (nti)