SENTAJO RAYA, GORIAU.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) H Sukarmis resmi membuka penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIII tingkat Kabupaten Kuansing di Kecamatan Sentajo Raya, Senin (16/6/2014).

Acara pembukaan MTQ ini dipusatkan di kantor Camat Sentajo Raya. Pada acara pembukaan tersebut Bupati Kuansing Sukarmis memimpin pemukulan beduk dan menekan sirine tanda dimulainya MTQ XIII Kuansing. Bupati didampingi Ketua DPRD Muslim, Sekdakab Muharman, para pejabat di lingkungan Pemkab Kuansing dan sejumlah anggota DPRD.

Ribuan undangan terlihat hadir pada acara pembukaan MTQ yang berlangsung meriah tersebut.

Mengawali pembukaan, masing-masing kecamatan yang ada di Kuansing mengikuti lomba pawai taaruf dengan mengelilingi areal kantor Camat Sentajo Raya dan melintas di depan Bupati Sukarmis dan undangan. Jumlah kafilah dan ofisial yang mengikuti pawai ini 759 orang dari 15 kecamatan. Sesuai rincian, dari Kecamatan Hulu Kuantan 52 orang, Singingi Hilir 43 orang, Pangean 51 orang, Kuantan Mudik 53 orang, Kuantan Tengah 50 orang, Benai 61 orang, Kuantan Hilir Seberang 53 orang, Kuantan Hilir 54 orang, Singingi 34 orang, Sentajo Raya 55 orang, Logas Tanah Darat 52 orang, Gunung Toar 55 orang, Pucuk Rantau 43 orang.

Bupati Kuansing Sukarmis dalam sambutannya mengatakan, MTQ merupakan kegiatan religius, yang sangat penting, terutama dalam membangun akhlak mulia bagi pemerintah dan masyarakat di daerah ini.

"Oleh karena itu dengan kegiatan MTQ ini mari kita tingkatkan minat baca Alquran," imbaunya.

Kemudian Bupati juga meminta kepada seluruh masyarakat agar menggalakan seni baca Alquran yang sudah dimulai dari TPA, TPSA, MDA dan surau serta masjid yang ada di Kuansing.hks