PEKANBARU, GORIAU.COM - Jamaah Calon Haji (JCH) Indonesia mulai diberangkatkan menuju tanah suci Senin (1/9/2014) besok. Khusus Riau, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kuansing mengisi Kloter Pertama dengan jumlah 445 orang.

Dimana terdiri dari 303 JCH asal Pekanbaru dan 142 lainnya dari Kuansing. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Tarmizi Tohor mengimbau agar JCH tetap menjaga kesehatan dan mental mulai dari keberangkatan, pelaksanaan haji hingga kepulangan.

"Pekanbaru dan Kuansing mendapat jatah Kloter Pertama. Kita sudah meminta agar Jamaah Calon Haji menjaga kesehatan dan etika selama di sana," kata Tarmizi.

Para jamaah seluruh Indonesia akan menjalani masa tinggal selama 39 hari. Satu kloter terdiri dari kurang lebih 400 orang JCH. Mereka diberangkatkan melalui embarkasi Medan, Batam, Padang, Jakarta Pondok Gede, Jakarta Bekasi, Solo, Surabaya, Makassar, dan Lombok.

Lokasi kedatangan mereka akan dibagi menjadi dua, lima kloter akan mendarat di Madinah dan lima kloter lainnya di Jeddah. Mereka akan diterbangkan dengan menggunakan Garuda dan Saudi Airlines yang lebih lebar, sehingga daya tampungnya juga lebih besar.

Pelaksanaan haji tahun ini sedikit mengalami perubahan dalam total peserta. Dimana lebih sedikit dari tahun lalu, dari 385 kloter menjadi 371 kloter. Sehingga juga akan mempengaruhi masa tinggal, dari 41 hari menjadi 39 hari. Karena masa penerbangan mereka pun jadi lebih cepat.

Sementara untuk kloter terakhir JCH Indonesia akan diberangkatkan dari tanah air pada 28 September nanti. Sementara, untuk jadwal wukuf di Arafah dijadwalkan akan jatuh pada Jumat, (3/9/2014).

Sedangkan untuk jadwal pemulangan, kloter pertama akan dijadwalkan pulang pada 9 Oktober 2014. Sehingga pada 10 Oktober para jamaah sudah berada di tanah air. Sedangkan, kloter terakhir meninggalkan Arab Saudi pada 5 November 2014.***