SELATPANJANG, GORIAU.COM - Kalau tidak ada hambatan, iven Bokor World Music Festival akan digelar tanggal 3 sampai dengan 7 Januari 2015. Panitia pun sudah membuat gambaran rentetan acara mulai awal Januari tersebut.


Seperti yang disampaikan Ketua Sanggar Bathin Galang Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Sopandi SSos kepada GoRiau.com, Jumat (3/10/2014) pagi. Kata Sopandi, direncanakan tanggal 3 sampai tanggal 5 Januari 2015 akan diadakan workshop musik melayu. Pesertanya terdiri dari sanggar-sanggar yang ada di Kepulauan Meranti, narasumbernya berasal dari Pekanbaru.
Tambah Sopandi lagi, tanggal 6 Januari 2015, paginya akan diadakan seminar musik melayu. Dimana yang bertindak sebagai penyaji diundang narasumber dari Malaysia, Pekanbaru dan Jakarta. Pesertanya adalah guru kesenian dan siswa perwakilan sekolah terdiri dari 4 orang se Kabupaten Kepulauan Meranti.
"Tujuan diadakan workshop dan seminar ini agar sanggar-sanggar, guru kesenian maupun sisiwa bisa menyerap betapa pentingnya nilai edukasi dari berkesenian sambil menjaga kelestarian budaya dan kesenian melayu," kata Sopandi.
Ia berharap mudah-mudahan iven ini akan sukses dan akan ramai peserta yang datang. Sedangkan pada tanggal 6 sampai dengan 7 Januari malamnya, akan diisi persembahan musik dari dalam dan luar negeri.
"Mudah-mudahan masyarakat kan terhibur dan perkenomian masyarakat tempatan akan terangkat. Disamping itu pula, masyarakat akan merasakan betapa pentingnya menjaga kesetarian budaya dan akan ada nilai plus berupa bahwa musik itu bersifat universal dimana saja bisa merasakan bahkan di kampung sekalipun," ujar Sopandi lagi.(zal)