JAKARTA - Provinsi Riau bukan saja sebagai kandidat penerima Anugerah Pesona Indonesia 2017. Namun juga bertindak sebagai tuan rumah pada agenda tahunan Kemeterian Pariwisata itu.

Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017, malam ini akan digelar sekitar pukul 19.00 WIB, Sabtu (25/11/2017) di Studio 3 MetroTv.

Dari pantauan GoNews.co, dari mulai pintu masuk, ruang VIP dan ruang studio, para tamu dimanjakan dengan suasana khas Melayu. Dari ornamen, hiasan dan bahkan penerima tamu juga mengenakan baju adat Melayu Riau.

Untuk menu makanan pun juga khas dari "Bumi Lancang Kuning". Seperti bolu kemojo, bolu berendam, laksamana raja mengamuk dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman melalui Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata Riau, Hj Yulisma mengatakan, tahun ini Riau memang ditunjuk Kemenpar untuk menjadi tuan rumah ajang tahunan tersebut.

"Kalau tahun 2016 lalu Provinsi NTT, malam ini giliran kita," ujarnya kepada GoNews.co di ruang Make UP.

Sebagai tuan rumah, kata Yulisma, Riau sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dispar Riau pun tidak sendirian, tapi juga bekerjasama dengan pihak Kemenpar dan Panitia Penyelenggara.

Pada Iven kali ini, Riau juga sudah memasukkan beberapa kategori destinasi yang diusung dalam Anugerah Pesona Indonesia 2017.

"Salah satunya adalah Pacu Jalur Kuansing, Istana Siak Kabupaten Siak, Bolu Berendam Indragiri Hulu, Bakar Tongkang Rokan Hilir dan lain-lain," tukasnya.

Untuk Pacu Jalur, kata dia, tradisi khas Kuantan Singingi itu sudah dpastikan akan dinobatkan sebagai pariwisata terpopuler di Indonesia di ajang Anugrah Pesona Indonesi (API).

"Penyerahan piala API dari Kementrian Pariwisata ini rencananya akan diterima langsung Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini," ujarnya.

Menurut Yulisma, selain Pacu Jalur, Menteri Pariwisata juga menobatkan Kabupaten Siak sebagai salah satu daerah yang menerima anugrah Pesona Indonesia tahun 2017.

"Siak juga kemungkinan penganugerahan API ini akan diterima langsung Pak Bupati Syamsuar," tandasnya.

Acara Anugerah Pesona Indonesia 2017 ini sedianya akan disiarkan langsung Metro TV,  namun dari informasi terakhir dari pihak panitia penyelenggara hanya siaran tunda di Metro TV yang akan ditayangkan pada tanggal 4 Desember 2017.

Namun masyarakat juga tetap bisa menikamti siaran melalui beberapa akun instagram penyelenggara di @apiaward.***