TELUKKUANTAN - Dari 99 SMP sederajat di Kuantan Singingi (Kuansing), Riau yang melaksanakan Ujian Nasional (UN) tahun 2018, ada delapan sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuansing Jupirman kepada GoRiau.com, Selasa (24/4/2018) pagi di Telukkuantan.

"Ada enam SMP dan dua MTs yang melaksanakan UNBK," ujar Jupirman. Enam SMP di Kuansing terpaksa menumpang di SMA untuk pelaksanaan UNBK. Pasalnya, sekolah tersebut tidak memiliki fasilitas memadai.

Seperti SMPN 1 Telukkuantan yang menumpang UNBK di SMKN 1 Telukkuantan, SMPN 3 dan SMPN 6 Telukkuantan menumpang di SMKN 2 Telukkuantan, SMPN 2 Sentajo Raya dan SMPN 1 Benai menumpang di SMKN 1 Benai serta SMPN 1 Logas Tanah Darat di SMKN 1 Logas Tanah Darat.

"Sedangkan MTs N 2 Kuantan Singingi melaksanakan UNBK di sekolahnya sendiri. Begitu juga dengan MTs Singingi filial MTsN 2 Kuansing, ujian di MTsN 2 Kuansing di Sentajo," ujar Jupirman.

Dari sekian sekolah yang melaksanakan UNBK, Jupirman mengakui hanya MTsN 2 Kuansing yang siap untuk melaksanakannya. Sebab, sekolah tersebut telah memiliki fasilitas yang memadai.***