PEKANBARU - Regu sepak takraw asal Sumatera Barat (Sumbar), Puma kembali menjadi kampiun pada ajang Tournament Sepak Takraw Gemilang Jaya Cup III Open 2018 yang digelar Ikatan Remaja Masjid Nurul Ihsan (Irmani), Kota Pekanbaru, Riau.

Turnamen yang ketiga kalinya digelar oleh kelompok pemuda di RW 02, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru itu berlangsung sejak tanggal 20 April hingga hari ini, Kamis (26/4/2018) petang.

Pada laga final turnamen sepak takraw terbuka ini, regu sepak takraw Puma Sumbar kembali bertemu dengan PCR A yang menjadi lawannya pada Tournament Sepak Takraw Gemilang Jaya Cup II tahun 2017 lalu.

Rudi Hartono selaku Ketua Panitia Tournament Sepak Takraw Gemilang Jaya Cup III Open 2018 mengungkapkan, kejuaraan ini rutin digelar setiap tahunnya sebagai bentuk tanggungjawab bersama dari seluruh masyarakat dalam pembinaan olahraga.

"Sebab, pembinaan olahraga ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, namun juga bersinergi dengan masyarakat seperti salah satunya turnamen sepak takraw yang kita gelar saat ini," kata Rudi, kepada GoRiau.com, Kamis (26/4/2018) petang.

Rudi melanjutkan, pada kejuaraan sepak takraw terbuka tahun ini antusias peserta yang ingin mengikuti turnamen cukup meningkat dibanding dengan tahun lalu dengan total sekitar 32 regu sepak takraw.

"Puluhan regu yang ikut turnamen ini mulai dari Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Sumatera Barat (Sumbar) dan juga Sumatera Utara (Sumut)," papar Rudi yang ditemui saat penutupan Tournament Sepak Takraw Jaya Cup III Open 2018.

"Tak hanya peserta, jumlah hadiah yang kita persiapkan juga lebih besar dibanding tahun lalu dengan total mencapai Rp30 juta. Tahun ini juga kita juga menggunakan dua lapangan permanen," paparnya.

"Kita harapkan, dengan rutinnya digelar kejuaraan sepak takraw ini bisa menjadi pemicu bagi pemuda dan remaja kita untuk berprestasi di bidang olahraga dan terhindar dari pergaulan yang berdampak negatif," lanjutnya.

Sementara itu, Riyono Gedek Trisoko selaku Ketua RW 02, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru mengapresiasi remaja masjid Irmani yang sukses menggagas turnamen sepak takraw ini.

"Keberhasilan ini patut kita dukung, karena menjadi sarana bagi remaja kita untuk kreatif dan aktif dalam menggelar event salah satunya turnamen sepak takraw yang sudah ketiga kalinya digelar," pungkas Riyono.***