TELUKKUANTAN - Kobaran api pada Sabtu (23/6/2018) subuh telah menghanguskan dua unit rumah di Telukkuantan, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Api diperkirakan mulai melalap sebuah rumah papan pada pukul 04.30 Wib dan kemudian merambat ke rumah sebelah kirinya.

Api juga mulai membakar rumah yang berada di sebelah kanan rumah kayu tersebut. Beruntung, para penghuni rumah dengan cepat melakukan penyiraman. Tak lama kemudian, tim pemadam datang untuk memadamkan api.

Satu jam setengah berjibaku, akhirnya api bisa dipadamkan. Kendati demikian, dua unit rumah ini sudah menjadi arang.

Menurut sejumlah saksi, api pertama berasal dari rumah papan. Sang pemilik rumah pun mengakui akan hal tersebut. Menurut Simus, korban kebakaran, ia bersama istri dan anak-anak terbangun karena panas.

"Panas sekali. Pas terbangun, ternyata api sudah di atas rumah. Kami langsung menyelamatkan diri," ujar Simus, suami dari Yarnis sang pemilik rumah.

Sementara itu, rumah yang sebelah kiri merupakan milik Linda. Saat ini, sang pemilik masih mudik di Sumatera Utara. Rumah tersebut ditunggu oleh adik perempuannya. Sang adik pun hanya bisa menyelamatkan diri tanpa bisa menyelamatkan harta benda.

Rumah Linda berlantai dua. Api lebih awal membakar bagian atas karena dinding papan. Sementara, rumah bagian bawah sudah permanen.

Selain Damkar, pemadaman juga dibantu oleh aparat kepolisian dari Polsek Kuantan Tengah dan warga sekitar. Kompol Jasmadi, Kapolsek Kuantan Tengah langsung turun bersama anggota.

"Untuk penyebab kebakaran, masih kita selidiki. Kalau untuk kerugian materil, kita perkirakan mencapai Rp300 juta. Tidak ada korban jiwa," ucap Jasmadi.***