SIAK - Fenomena alam gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019 mendatang bisa dilihat di langit negeri Istana Matahari Timur, Kabupaten Siak. Momen yang jarang terjadi ini sayang untuk dilewatkan begitu saja. Makanya dari sekarang para pekerja sebaiknya mulai jadwalkan cuti pada hari itu dan datang ke Siak.

Informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan), sejumlah provinsi yang akan dilalui jalur gerhana, titik Greatest Eclipse, yaitu ketika sumbu bayangan bulan berada paling dekat dengan pusat bumi jatuh di wilayah Kabupaten Siak, Pulau Pedang pada lokasi 1,0089° LU- 102,2465° BT.

Hebatnya lagi, Siak dikenal daerah yang memiliki objek wisata bersejarah ini dipilih pusat sains antariksa dalam mempersiapkan diri menyambut fenomena gerhana matahari cincin. Makanya akan sangat rugi jika tidak datang ke Siak pada hari H itu.

Bupati Siak, Syamsuar menyebutkan Pemkab Siak juga akan memanfaatkan moment tersebut untuk membuat iven perayaan budaya dan mengkolaborasikannya dengan destinasi wisata.

"Kita akan buat pra iven tanda peringatan momen Gerhana Matahari Cincin ini 26 Desember 2018, agar dinantikan kejadiannya pada tanggal yang sama tahun 2019. Kami mengajak wisatawan datang ke Siak pada hari itu," katanya.

Jadi, selain dapat melihat fenomena posisi bulan terletak antara bumi dan matahari, wisatawan yang datang ke Siak bisa menyaksikan rangkaian kegiatan yang disiapkan oleh pemerintah Kabupaten Siak.

"Kota Siak juga sangat banyak objek wisata. Mulai dari wisata alam, religi, dan wisata sejarah. Semua itu bisa dinikmati oleh wisatawan yang sudah sengaja meluangkan waktunya datang ke Siak," katanya lagi. ***