SELATPANJANG - Wabup Kepulauan Meranti Drs H. Said Hasyim melepas Pawai Takbir menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H. Kegiatan tahunan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Meranti dalam menggaungkan takbir dan tahmid hingga kepelosok negeri itu, dipusatkan di Jalan Merdeka, Selatpanjang, Sabtu malam (10/9/2019).

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Meranti H. Muzamil, Kapolres AKBP. La ode Proyek, Pabung Kodim Bengkalis Mayor TNI P. Girsang, Ketua Komisi A DPRD Meranti Esy Masyudi M.Si, Kakan Kemenag Meranti, Asisten III Sekdakab Meranti Drs. Rosdaner M.Si, Staf Ahli Bupati Drs. Jonizar dan Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Kesra Pemkab. Meranti Drs. Husni Gamal, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.

Pelepasan Pawai Takbir ditandai dengan upacara singkat yang dipimpin oleh Wakil Bupati Kepulauan H. Said Hasyim dan Komandan Kasat Lantas Polres Meranti AKP. Teguh yang dilanjutkan dengan pemukulan Beduk oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim bersama 

"Sebagai wujud kecintaan kepada Allah, marilah kita gemakan Takbir dan Tahmid keseantero negeri," ucap Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim saat melepas Pawai Takbir sambut Idul Adha 1440 H.

Tak lupa Wakil Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendoakan saudara sesama muslim yang sedang melaksanakan ibadah Haji di Mekkah Al-Mukaromah, begitu juga sebaliknya bagi yang melaksanakan ibadah Haji dapat mendoakan Kabupaten Kepulauan Meranti, agar semakin maju, sejahtera dan selalu diberi keberkahan oleh Allah.

"Dengan mengagungkan Asma Allah semoga kita dicurahkan rahmatnya dan Meranti diberikan kemakmuran dan dihindari dari segala bencana," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Wabup juga mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan terutama di musim kemarau saat ini yang sangat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Mari kita jaga lingkungan kita jangan sampai terjadi kebakaran," ucapnya.

Takbir dan Tahmid diucapkan sebagai wujud kecintaan umat muslim kepada penciptanya Allah SWT yang telah memberikan nikmat. Hal itulah yang dilakukan oleh umat muslim diseluruh dunia dalam menyambut Idul Adha atau yang lebih dikenal dengan Hari Raya Kurban.

Di Kepulauan Meranti sendiri kegiatan Takbir dan Tahmid yang sudah menjadi tradisi itu mulai digaungkan sejak malam harinya jelang Idul Adha.

Kali ini dilaksanakan cukup meriah dengan menampilkan berbagai kendaraan hias dari berbagai Masjid dan Mushola yang tersebar di Kota Selatpanjang. Tak ketinggalan ribuan masyarakat yang terdiri dari pelajar madrasah, Perguruan Pencak Silat, Ormas, dan lainnya turut menyemarakan kegiatan Pawai Takbir yang difasilitasi oleh Pemkab Kepulauan Meranti itu.

Sambil mengucapkan Takbir dan Tahmid, rombongan Pawai Takbir berjalan mengintari jalan protokol Kota Selatpanjang, mulai dari jalan Merdeka-Imam Bonjol-Kartini-Diinegoro dan kembali ke lokasi semula.

Sekedar informasi, dalam kegiatan itu juga dilakukan perlombaan kendaraan hias yang diikuti oleh Masjid dan Mushola se-Kabupaten Kepulauan Meranti, bagi yang terpilih sebagai pemenang sesuai penilaian panitia menyediakan hadiah menarik.

Sekedar informasi, dalam kegiatan Pawai Takbir menyambut Idul Adha 1440 H kali ini berlangsung dengan meriah dan hikmat, dan berjalan dengan kondusif. (rls)