PANGKALAN KERINCI - Kedisiplinan para karyawan Transport Division PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mendukung program keselamatan dan kesehatan kerja (K3), berhasil menorehkan prestasi membanggakan.

Divisi ini sukses mewujudkan 500 hari atau 3,9 juta jam tanpa kecelakaan kerja ( lost time injury/LTI).

Direktur PT RAPP Mhd Ali Shabri mengapresiasi prestasi yang ditorehkan Transport Division PT RAPP. Menurutnya, prestasi ini membuktikan para karyawan Transport Division sangat menyadari pentingnya K3.

''Prestasi ini harus dipertahankan secara berkesinambungan, seperti naik tangga. Kita harus terus melakukan perbaikan. Saya sangat mengapresiasi, karena para pekerja benar-benar sadar akan keselamatan mereka,'' tuturnya pada apel peringatan 500 hari tanpa LTI di Pangkalan Kerinci, Senin (5/8).

Ali mengatakan, safety itu harus dimulai dari diri sendiri. Sebab, para karyawan juga harus selalu mengingat keluarga mereka di rumah yang menunggu.

Diingatkan Ali, salah satu penyebab kecelakaan adalah tingkah laku sendiri. Para pekerja tidak hati-hati saat melakukan pekerjaan atau bisa juga tidak sesuai dengan SOP kerja.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112019/ransport1j-8509.jpg

''Jadi, sebelum bekerja itu harus berdoa agar diberikan keselamatan. Lalu, saat bekerja, jangan lalai dalam keselamatan, harus mengikuti sesuai arahan. Misalnya, mengendarai mobil, ketika belok harus menghidupkan sign, walaupun di belakang kita tidak ada kendaraan,'' katanya mengingatkan.

Sementara Transport Division Head PT RAPP Arlin Simatupang mengatakan, prestasi ini merupakan kontribusi dari semua karyawan Transport Division. Semua karyawan di divisi ini selalu disiplin melaksanakan K3 di tempat kerja.

''Ini juga sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan, yakni terus melakukan perbaikan (continious improvement). Keselamatan itu juga dimulai dari diri kita sendiri dan kita bisa menularkan ke orang lain,'' terangnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112019/ransport2j-8508.jpg

Ia menuturkan, sistem manajemen K3 sangat penting, bukan saja untuk mengendalikan risiko kecelakaan kerja, tapi juga memaksimalkan efisiensi dan efektivitas kerja, untuk mendukung peningkatan daya saing perusahaan.

''Melalui penerapan sistem K3 secara konsisten dan berkesinambungan, tentu risiko-risiko yang tidak diinginkan akan dapat dicegah,'' sambungnya.(adv)