JAKARTA - Helat Tour de Siak (TDS) 2016 merupakan event ke empat balap sepeda internasional ini dapastikan bakal lebih seru dan atraktif dibanding tahun lalu. Sejumlah pembalap asing dan dalam negeri akan kembali menjajal litasan balap di Kabupaten Siak yang berjuluk "Negeri Istana".

Empat etape yang disiapkan panitia untuk mereka jajal, selain etape Team Time Trial, ada etape Road Race alias rute timur. Disini para pembalap melahap rute Kota Siak-Kota Sungai Apit dan rute lainnya. Pembalap akan adu cepat mengayuh sepedanya melintasi kota Siak dan melintasi perkebunan sawit.

Lantas seperti apa Helat keempat TDSI yang bakal digelar 17-22 Oktober 2016 itu? Sehari sebelum pembukaan, Panitia akan menggelar lomba foto, pameran dan bazzar ekonomi kreatif. Hari berikutnya 18 oktober diadakan Fun Bike dan parade atlet, disusul atraksi kesenian dan budaya parade gasing dan tampilan dua ribu kompang. Dan sebelum Opening Ceremony dilaksakan pada sore hari, sementara closingnya sendiri dijadwalkan pada tanggal 22 Oktober 2016.

"Hadiahnya sendiri totalnya Rp750 juta dan ada peningkatan dari total hadiah tahun sebelumnya," ujar ERWIN Anwar Kadisparekraf Siak.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau Fahmizal Usman yang mendampingi Bupati Siak Syamsuar pada konfrensi pers di Gedung Sapta Pesona Kemenpar RI, Jakarta, mengakatan, kedepannya Tour de Siak ini akan menyambung rute atau etape sampai keluar daerah bahkan sampai ke Malaysia.

"Bentuk komitmen kita Provinsi Riau, apalagi pak Gubernur juga berencana tahun depan TDS ini akan melewati beberapa kabupaten lain seperti Kampar, Pelalawan, Pekanbaru dan Siak," ujarnya.

Selain itu kata dia, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Kementerian Wisata Malaysia. "Karena rutenya ini rencananya akan ditambah juga tahun depan sampai ke Selat Malaka," pungkasnya. (*/dnl)