PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaksanakan pekerjaan pembangunan untuk lebih memperhatikan manfaat (outcome, red) pembangunan itu bagi masyarakat. Hal itu disampaikannya saat mendapati adanya saluran drainase yang tersumbat, di pemukiman masyarakat yang berada disekitar bawah Jembatan Siak III, Pekanbaru.

"Bagi teman-teman OPD yang bekerja dalam pembangunan, jangan hanya mengejar output. Artinya, pekerjaan itu jangan hanya siap dalam kontraktual, tetapi pentingkan juga manfaatnya bagi masyarakat," jelasnya, Kamis, (20/6/2019).

Berdasarkan keadaan drainase yang tersumbat tersebut, Firdaus pun menunjukkan contoh pengerjaan yang hanya mementingkan output.

"Contohnya parit permanen ini, masyarakat tadi bilang kalau hujan airnya menggenang. Ternyata ini ditimbun, airnya dibuang kearah kiri, padahal tanahnya lebih tinggi, justru air dari arah kiri turun kesini," terangnya.

Kemudian, Firdaus memerintahkan Dinas PUPR Pekanbaru untuk membongkar timbunan yang menyumbat aliran drainase tersebut. Diharapkan dengan pembongkaran itu, saluran drainase yang airnya tampak keruh kehitaman bisa berfungsi dengan baik.

"Ini kita perintahkan kepada Dinas PUPR, agar dibongkar. Insya Allah dengan satu titik ini kita perbaiki, airnya kemudian bisa mengalir lancar," ucapnya. ***