SIAK SRI INDRAPURA - Badan Restorasi Gambut beberapa tahun belakangan mengusung beberapa program pelestarian lahan gambut di Kabupaten Siak, diantaranya upaya pengembangan ekonomi masyarakat tempatan melalui bantuan kepada petani maupun peternak.

Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) RI Nazir Foead MSc didampingi Bupati Siak H Alfedri MSi mengunjungi Kampung Dayun Minggu Pagi (7/8/19).

Kunjugan kerja tersebut untuk meninjau kondisi eksisting lahan gambut, sekaligus menyaksikan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama Swakelola oleh kelompok masyarakat disana. 

Untuk itu rombongan BRG dan Pemkab Siak ingin melihat kemajuan dan perkembangan bantuan yang telah diberikan pada tahun 2017 lalu berupa 10 ekor sapi, berikut bantuan mesin pencacah makanan. 

Nazir Foead dalam kunjungannya mengaku gembira dengan kemajuan ternak hasil program bantuan BRG RI tersebut, dimana jumlah ternak sapi saat ini telah berkembang menjadi 18 ekor.

"Salah satu program BRG adalah membantu pengembangan ekonomi telah berjalan satu setengah tahun di tempat ini, untuk itu kami ingin melihat langsung bagaimana hasil yang dicapainya," kata Nazir Foead.

Nazir juga menjelaskan, beberapa bentuk bantuan lain seperti sumur bor dilahan gambut, sekat kanal tanaman holtikultura, bibit nanas serta berbagai bantuan bidang peternakan yang sebelumnya pernah di usulkan dari Bupati H Syamsuar beberapa tahun yang lalu, saat ini telah disalurkan kepada masyarakat.

Ditempat yang sama Bupati Siak H. Alfedri mengapresiasi BRG yang telah membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi melalui berbagai program. 

Pemimpin Negeri Istana itu berharap masyarakat tempatan yang tinggal di lahan gambut dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik, sehingga nantinya dapat beransur beralih dari sumber pendapatan yang tidak ramah bagi ekosistem gambut. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada BRG. Tahun ini untuk lahan TORA di Kabupaten Siak seluas 4000 hektar juga dibantu BRG untuk kajian hidrologi. Untuk komoditi yang akan ditanam, InsyaAllah pada hari Rabu akan dipersentasikan, berikut pembahasan revitalisasi pengembangan lahan gambut," terang Alfedri.

Pemerintah Kabupaten Siak kata dia, sangat mendukung program kerja BRG, karena berkaitan langsung dengan program Siak Kabupaten Hijau yang memiliki tujuan yang sama, yaitu dalam rangka penyelamatan dan pelestarian lahan gambut.

"Banyak program dalam rangka pengembangan komoditi dari BRG, termasuk peningkatan ekonomi dilahan gambut yang ramah lingkungan," kata Alfedri.***