PEKANBARU - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Riau semakin bernafas segar. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah memberikan perhatian khusus dengan membantu pemasaran dan pembinaan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh UMKM itu sendiri.

"Inilah cara kami untuk mendukung penuh cita-cita pak Gubernur dalam mengembangkan sektor pariwisata. Kami membina dan membantu meningkatkan kualitas produk-produk UMKM," ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Riau, Muhammad Firdaus kepada GoRiau.com, Jumat (12/8/2016) di Hotel Dafam Pekanbaru.

Ia memaparkan, UMKM erat kaitannya dengan sektor pariwisata. Sebab, wisatawan tentunya akan mencari pernak-pernik souvernir dan buah tangan sebagai oleh-oleh sanak saudaranya. "Setidaknya wisatawan pasti cari barang yang bisa mereka bawa pulang sebagai tanda kalau ia pernah mengunjungi Riau," jelasnya.

Keseriusannya ini pun terbukti dengan terlaksananya kegiatan kerjasama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan swasta di Hotel Dafam. Pesertanya, terdiri dari seluruh IKM di semua kabupaten/kota, Perbankan, ritel modern, hotel, dan perwakilan dari Kementerian Perdagangan bidang Fasilitasi Pengembangan IKM.

"Melalui acara ini, kami ingin menjembatani puluhan bahkan ratusan UMKM untuk mendapatkan kemudahan dalam pemasaran produknya. Dengan begitu, mudah-mudah perintis produk IKM bisa semangat untuk mengembangkan usahanya," papar Firdaus.

Selain itu, puluhan UMKM yang terlibat dalam pameran kali ini akan diberikan masukan dan penilaian. Dimana, apa saja kekurangannya akan dicatat sebagai bahan evaluasi dan materi dalam pembinaan kedepannya.

"Mana yang kemasannya belum bagus, terus izin BPOM, MUI dan Depkes nya belum ada, bisa kita carikan solusi. Tujuannya agar produk kita standar SNI, terjamin kehalalannya dan berkualitas," tutupnya. (*)