JAKARTA - Seniman asal Batam, Sofian mempersembahkan karya seni dari shuttlecock bekas bagi ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Karya seni bergambarkan lukisan wajah pemain berjulukan The Minions itu dikerjakan Sofian selama lima bulan, dengan menghabiskan 5.840 buah shuttlecock.

Sofian juga rela datang dari Batam ke Jakarta untuk memberikan langsung karya tersebut ke Marcus/Kevin di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (10/9/2021). Sebelumnya, seniman yang akrab dengan panggilan Abang ini telah mendaftarkan Hak Cipta karyanya ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

"Sebenarnya saya baru mengenal bulutangkis di awal tahun ini. Ketika main bersama teman-teman di Batam, saya melihat banyak shuttlecock bekas yang tidak terpakai. Akhirnya saya terpikir untuk membuat karya dari benda tersebut. Karena sayang kalau tidak dimanfaatkan atau bahkan dibakar setelah dipakai," kata Sofian.

"Teman saya sangat mengidolai The Minions. Jadi saya coba membuat gambar mereka. Lalu ada kejadian di All England 2021, dimana tim Indonesia dipaksa mundur. Saya merasa terharu. Jadi saya buatkan tulisan All England 2021 WIN dengan bendera Merah-Putih," sambungnya.

Sofian mengucapkan terima kasih karena karya ini sangat diapresiasi Marcus/Kevin. Bahkan, mereka mau menemui langsung.

"Terima kasih kepada Marcus dan Kevin karena sudah sangat mengapresiasi karya saya. Semoga karya ini bisa lebih memotivasi mereka untuk terus menyumbang prestasi," kata Sofian.

Sementara, rasa bangga dan senang juga disampaikan Marcus/Kevin usai menerima karya seni berukuran 244x122 cm itu.

"Bangga dan senang dibuatkan karya seperti ini. Terima kasih banyak sudah meluangkan waktu lima bulan untuk mengerjakannya. Pas pertama lihat waktu itu bulan Mei kalau tidak salah, bagus juga buat di hall. Tadinya mau dipajang di sana tapi karena Kevin mau juga, jadi saya mengalah. Ha ha ha," ujar Marcus.

"Pastinya senang ada orang yang bisa bikin karya sebagus dan semirip itu dengan wajah kami, menggunakan media dan bahan yang jarang digunakan sebagai sebuah karya seni. Saya sangat mengapresiasi itu. Karyanya memang bagus jadi saya mau pajang di rumah, saya izin ke Koh Sinyo (Marcus Fernaldi Gideon) karena tadinya dia yang mau pegang dan akhirnya dikasih. Terima kasih buat Bang Sofian sekali lagi untuk karya spektakuler ini dan mau repot-repot datang membawakan dari Batam," sahut Kevin.

Sebagai bentuk terima kasih Marcus/Kevin, mereka memberikan dua buah jersey plus raket sebagai kenang-kenangan untuk Sofian. ***