JAKARTA -- Sering buang air kecil atau pipis tengah malam (nocturia) bisa merupakan pertanda mengidap penyakit hipertensi (darah tinggi) dan diabetes.

Selain sebagai gejala hipertensi dan diabetes, nocturia atau kebiasaan sering terbangun karena keinginan buang kecil tengah malam juga bisa disebabkan beberapa hal lainnya.

Dikutip dari Kompas.com yang melansir dari Menshealth, frekuensi dari berkemih-lah yang membedakan itu alarm dari sebuah penyakit yang berbahaya ataukah hanya sistem metabolisme tubuh yang alami saja.

Nocturia disebabkan karena kandung kemih tak bisa menahan jumlah urine, karena produksi urine meningkat di malam hari lantaran mengonsumsi air atau minum terlalu banyak.

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan nocturia:

1. Hipertensi

Berdasarkan studi tahun 2009, ditemukan bahwa orang-orang yang terbangun tengah malam untuk pipis setidaknya sekali, 40 persennya memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi).

Meski ini bukan penemuan pasti, namun bisa menjadi peringatan bagi Anda yang sering terbangun tengah malam untuk berkemih.

Jika Anda memiliki riwayat genetik tekanan darah tinggi, atau Anda memiliki faktor pemicu tekanan darah tinggi, maka segera lah berkonsultasi ke medis.

2. Gangguan tidur

Bisa saja yang melatarbelakangi nocturia yang Anda alami adalah penyakit gangguan tidur. Jadi Anda ke kamar mandi bukan karena kandung kemih sudah penuh, namun karena mata susah memejam dan Anda tergerak untuk terus ke kamar mandi.

Selain insomnia, Anda bisa pula mengidap sleep apnea. Ketika napas Anda terhenti beberapa detik, sudah barang pasti Anda akan terbangun.

Nah, ketika mata membuka inilah lantas timbul keinginan untuk melangkah ke kamar mandi.

3. Imbas mengonsumsi obat

Beberapa obat kimia, seperti obat untuk menangani edema dan tekanan darah tinggi, memiliki efek diuretik. Sehingga jika Anda rutin mengonsumsi obat-obatan tersebut, risiko terjadi nocturia sangatlah besar.

4. Diabetes

Penyebab selanjutnya dari nocturia adalah adanya diabetes yang tak tertangani dengan baik. 

Ketika tak diobati, kelebihan glukosa atau gula dalam darah akan mengalir dan terbuang ke dalam ginjal. Efeknya, kelebihan glukosa ini akan dibuang dalam bentuk cairan yaitu urin.

Jadi ketika Anda sering terbangun tengah malam, sebaiknya mengecek kadar gula dalam darah Anda.

Selain empat faktor di atas, ditengarai masih ada lagi beberapa penyebab nocturia. Seperti infeksi saluran kemih, atau pembesaran prostat pada laki-laki.

Ketika frekuensi pipis di tengah malam terjadi lebih dari dua kali, sudah seharusnya Anda berlari ke medis untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.***