SIAK - Bupati Siak, Alfedri meminta masyarakat tidak hanya menjalankan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Dia mengimbau masyarakat juga menghindari kerumunan untuk melawan Covid-19.

"Jadi yang harus diterapkan itu adalah 4M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Bukan 3M lagi ya yang harus kita terapkan sehari-hari. masyarakat harus bersatu untuk melawan Covid-19 ini," kata Bupati Siak, Alfedri, Jumat (17/9/2021).

Saat ini, kata Alfedri, kasus Covid-19 di Kabupaten Siak cenderung menurun hingga Siak berada di zona orange. Kegiatan belajar tatap muka juga sudah dimulai dengan syarat yang harus dipenuhi oleh sekolah yang bersangkutan.

"Kesadaran masyarakat saat ini untuk mencegah penularan Covid-19 sudah mulai bagus, dan ini harus dipertahankan. Bila perlu harus ditingkatkan, agar Pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan masyarakat dapat melakukan aktivitas seperti biasanya," kata Alfedri lagi.

Masih kata Bupati Siak ini, 4M itu langkah preventif yang paling bagus, karena sampai kapan pun apabila hanya mengobati maka tidak akan tercapai tujuannya untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

"Kami perlu mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, karena angka kasus Covid-19 dapat meningkat setiap harinya. PPKM yang sudah berjalan juga salah satu upaya untuk menurunkan kasus penyebaran Covid-19 ini," katanya.

Kepada aparat pemerintahan Kampung juga diminta melakukan sosialisasi terhadap penerapan 4M ini kepada masyarakat di wilayahnya. Meski kasus Covid-19 cenderung menurun, bukan berarti masyarakat selesai mematuhi protokol kesehatan.

"Selain harus mensosialisasikan kepada masyarakat, perangkat kampung juga harus melakukan pengawasan terhadap warganya. Ini berlaku untuk semua kalangan. Tidak hanya pedagang, tapi juga masyarakat umum lainnya," tegas Bupati lagi. (Iwa)