TEMBILAHAN – Hama ulat bulu menyerang sekolah di Kecamatan Concong, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Hama ulat bulu itu mengganggu dan meresahkan masyarakat.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir, Eddiwan Shasby kepada GoRiau.com, Senin (26/9/2022) mengatakan, serangan ulat bulu terjadi dalam beberapa hari terakhir.

"Ulat bulu menyerang di kawasan SMPN 1 Kecamatan Concong, menyebar di beberapa tempat menimbulkan keresahan dan kehawatiran masyarakat," ungkapnya.

Serangan ulat bulu berdampak pada banyaknya siswa yang terserang dan mengakibatkan harus dilarikan ke puskesmas dan mendapat penanganan tenaga kesehatan.

"Siswa meraskan gatal-gatal dan berdasarkan data dari Camat Concong terdapat 40 orang siswa dilarikan ke puskesmas dan pustu," sebut Eddiwan.

Untuk antisipas dan mencegah penyebaran ulat bulu dan dikhawatirkan masuk ke pemukiman masyarakat petugas DPKP diterjunkan untuk  melakukan penyemprotan dan fogging mengendalialkan ulat bulu di sekolah.

 "Ulat bulu muncul akibat cuaca yang mendukung untuk berkembang biak, kebetulan disekitar sekolah banyak terdapat pepohonan dan ilalang atau rumput," tandasnya.***