TEMBILAHAN-Berbagai kegiatan dilaksanakan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) An-Nur Kuala Selat (Ankasa) untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa, seperti salah satunya adalah kegiatan Pramuka Ankasa Menyapa.

Kegiatan yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini dikhususkan bagi sekolah-sekolah yang berada di daerah pesisir utara Indragiri Hilir (Inhil), Riau seperti Kecamatan Pelangiran, Kateman, Pulau Burung dan Teluk Belengkong.

Kepala SMK Ankasa yang terletak di Desa Kuala Selat, Kecamatan Kateman, Dani Sartika MM kepada GoRiau.com menjelaskan, Pramuka Ankasa Menyapa ini pertama kali dilaksanakan oleh sekolah yang dipimpinnya.

"Kegiatan ini merupakan pertama kali dilakukan di SMK, tujuannya untuk mengenalkan pramuka lebih dekat lagi kepada sekolah-sekolah yang berada di pesisir utara baik SD/MI dan SMP/MTs," jelas Dani.

Selain menambah ilmu tentang kepramukaan, dengan adanya kegiatan ini, ia berharap bisa melatih bantara dari SMK agar bisa berbicara dihadapan adik-adik penggalang.

"Agar setelah mereka tamat dri SMK, tidak lgi malu jika diterjunkan ke masyarakat," lanjutnya.

Alasan lain yang memacu SMK Ankasa ingin melaksanakan program ini, dijelaskannya dikarenakan masih adanya sekolah-sekolah yang belum menjadikn pramuka sebagai ekstra kulikuler wajib disekolah..

"Semoga dengan kegiatan ini tidak ada lgi adik-adik siaga dan penggalang yang buta dengan pramuka," harap Dani Sartika.(ayu)