PANGKALAN KERINCI -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan, Provinsi Riau, kembali memperbaharui data harian kasus Covid-19 pada Kamis (16/9/2021).

Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pelalawan tercatat adanya 5 kasus baru, setelah mengalami tingginya kasus dalam beberapa pekan terakhir.

Dikutip GoRiau.com dari data harian Pemkab Pelalawan yang dirilir Dinas Kesehatan, akumulasi kasus positif Covid-19 tercatat 3.374 kasus sejak pertama terkonfirmasi pada tahun 2020 lalu.

Jumlah pasien sembuh saat ini, sebanyak 3.147 jiwa. Sementara jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia akibat virus corona sebanyak 176 jiwa.

Sedangkan kasus aktif berjumlah 39 dengan rincian 30 orang menjalani isolasi mandiri dan 9 isolasi rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, Asril, M.Kes, sebelumnya mengatakan, Pelalawan sudah berstatus zona kuning, hasil evaluasi dari Kementerian Kesehatan dan Pemprov Riau.

"Sekarang Pelalawan sudah zona kuning Covid-19. Status itu sejak Senin kemarin hasil evaluasi dari Kementerian Kesehatan dan Pemprov Riau," terangnya.

Kasus Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 yang terus menurun akhirnya membuat Kabupaten Pelalawan keluar dari zona merah yang telah berlangsung selama beberapa bulan.

Penurunan kasus Covid-19 terjadi dalam satu bulan terakhir, dikarenakan penambahan harian pasien terkonfirmasi positif corona berkurang drastis.

"Yang sebelumnya, kasus hingga di atas 20 orang per hari, sekaraang kan hanya dibawah 10 atau 5 orang. Ada 1 pasien saja, bahkan ada nihil," papar Asril.

Sehingga, kata dia, kasus aktif terus menurun dan juga ditambah dengan tingkat kesembuhan yang tinggi. Sehingga Pelalawan keluar dari zona merah.

"Saat ini Pelalawan berstatus zona kuning diakui karena penurunan kasus Covid-19," pungkasnya.***