JAKARTA -- Menjaga kolesterol selalu dalam level normal merupakan keharusan, apa lagi bagi pasangan suami-istri (pasutri) yang ingin segera memiliki momongan (anak). Sebab, kolesterol tinggi bisa menjadi penyebab turunnya kesuburan.

Dikutip dari Dream.co.id, sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya tahun 2012 menunjukkan kadar kolesterol tinggi ada kaitannya dengan kualitas sperma yang rendah. Sebuah penelitian juga menyebutkan tingkat kolesterol tinggi dapat memengaruhi lama atau cepatnya seorang wanita untuk hamil.

Penelitian dilakukan oleh National Institutes of Health, Amerika Serikat itu menemukan kolesterol tinggi berkaitan dengan tingkat kesuburan yang lebih rendah pada pria dan wanita.

Seperti dilansir KlikDokter.com, dr Muhammad Iqbal Ramadhan, menjelaskan, kolesterol tinggi memang akan menyebabkan kesuburan pada pria menurun. Untuk itu sangat penting bagi kaum pria mengatur pola makan dan menerapkan kebiasaan hidup sehat agar level kolesterol selalu terjaga.

''Kalau untuk hubungan antara kolesterol dan kesuburan ini memang betul, terutama pada pria. Ketika asupan lemak atau akumulasi lemaknya terlalu tinggi pada seorang pria, ini akan mengganggu aktivitas yang menyediakan asupan nutrisi pada sperma,'' ujar dr Iqbal.

''Nantinya, pembentukan sperma jadi terganggu, termasuk kualitas, jumlah, dan sebagainya,'' ungkapnya.

Menurut dr Iqbal, plak atau lemak yang terlalu banyak pada pembuluh darah bisa berubah menjadi sel atau radikal bebas yang memengaruhi kualitas sperma. Hal-hal seperti ini pada akhirnya dapat mengganggu kesuburan pria.

Tingginya kadar kolesterol juga berpengaruh pada hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam kesuburan pria dan wanita. Kedua hormon ini memiliki peranan penting dalam kualitas sperma, kehamilan sehat, dan sebagainya.

Kolesterol tinggi juga menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke dan penyakit jantung.***