PEKANBARU – Tim Yustisi Kota Pekanbaru menggelar Operasi Simpatik Bertuah dalam rangka sosialisasi Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah di Pekanbaru, Jumat (13/1/2023). Sosialisasi ini dilakukan menyusul akan diberlakukannya sanksi pada Perda tersebut.

"Hari ini kita lakukan upaya persuasif terlebih dahulu terkait aturan persampahan pada Perda Nomor 8 Tahun 2014. Tadi tim kita menggelar sosialisasi di Purna MTQ Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman," ujar Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian.

Menurutnya, Perda Nomor 8 Tahun 2014 ini sudah mengatur jam buang sampah bagi warga Pekanbaru. Dimana warga hanya diperbolehkan membuang sampah di TPS mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Adapun sanksi diberikan berupa sanksi administrasi hingga denda sebesar minimal Rp250 ribu bagi oknum yang kedapatan melanggar aturan. Sebelumnya, aturan ini dibuat agar TPS tidak kembali ditumpuki sampah setelah dilakukan pengangkutan. Sehingga, Kota Pekanbaru tampak bersih setelah di siang hari.

Zulfahmi menyebut, dalam waktu satu hingga dua hari kedepan, timnya akan melakukan konsolidasi bersama semua pihak terkait untuk penerapan sanksi denda bagi pembuang sampah sembarangan.

"Dalam waktu dekat sanksi di Perda Nomor 8 Tahun 2014 itu akan kita terapkan. Satu dua hari ini kita akan konsolidasi dengan berbagai pihak," pungkasnya. ***