PEKANBARU - Hari Minggu (26/1/2020) pagi ini, jumlah titik panas (hotspot) yang terdeteksi di Provinsi Riau melonjak mencapai 17 titik panas dari yang awalnya hanya tiga hingga 13 titik.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasisun Pekanbaru, Bibin Sulianto mengatakan bahwa Jumlah hotspot di Riau pagi ini terbanyak di Pulau Sumatera, yaitu 17 dari 19 titik panas yang terdeteksi satelit.

"Di Provinsi Bangka Belitung dan Kepulauan Riau masing-masing hanya satu titik panas. Sisanya ada 17 titik tersebar di Riau," kata Bibin di Pekanbaru, Minggu pagi.

Lebih detailnya, kata Bibin, jumlah titik panas sebanyak itu terdeteksi di dua kabupaten yaitu Bengkalis dan Pelalawan.

"Bengkalis yang terbanyak, karena ada 13 titik panas di atas level confidence 50 persen dan Pelalawan sebanyak empat titik," ujarnya.

Sedangkan, jika diklasifikasikan lagi ke tingkat level confidence di atas 70 persen atau dapat diduga sebagai titik api, totalnya ada sebanyak sebelas titik.

"Bengkalis totalnya ada sepuluh titik yang diduga titik api. Terdeteksinya di Kecamatan Bengkalis dan Rupat. Sedangkan di Pelalawan satu titik di Kecamatan Teluk Meranti," tukasnya. ***