SIAK - Masyarakat Kabupaten Siak, Riau khususnya yang berada di Kecamatan Tualang dan sekitarnya memang patut menerapkan Protokol Kesehatan dengan disiplin. Hal itu mengingat jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Siak yang terbanyak itu dari Kecamatan Tualang. 

Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono mengatakan per hari Sabtu (15/8) di Kabupaten Siak ada 8 penambahan kasus positif Covid-19. Sehingga kini totalnya menjadi 216 orang.

Dari daftar panjang pasien positif Covid-19 di Siak ini, memang terbanyak itu dari klaster perusahaan di Tualang. Dan mereka kini telah menjalani perawatan di RS Eka Hospital Pekanbaru. 

"Total Positif 216 konfirmasi, 133 dirawat, 81 sehat dan sudah dipulangkan, 2 orang meninggal dunia. Pasien konfirmasi positif Covid-19 yang dirawat tersebar dibeberapa tempat dengan rincian : RS Eka Hospital 102 orang, RS Awal Bros Sudirman 2 orang, RSUD Siak 13 orang, Asrama Haji Siak 14 orang, RSUD AA 1 orang, RS Ibnu Sina 1 orang," kata Budhi. 

Rincian penambahan pasien positif covid-19:

Pasien 209 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Tn. AR (57) yang merupakan warga Kecamatan Mempura. Saat ini diisolasi dan dirawat di Asrama Haji Siak. Tn. AR (57) merupakan hasil dari Scrining yang dilakukan oleh Labkesda Siak. 

Pasien 210 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Ny. EM (41) yang merupakan warga Kecamatan Tualang, Saat ini diisolasi dan dirawat di RS Eka (Pekanbaru). Ny. EM (41) merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari Cluster Perusahaan.

Pasien 211 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Nn. FU (18) yang merupakan warga Kecamatan Tualang.saat ini diisolasi dan dirawat di RS Eka (Pekanbaru). Nn. FU (18) merupakan bagian dari Cluster Perusahaan.

Pasien 212 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Ny. FS (51) yang merupakan  warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan di isolasi di RS Eka (Pekanbaru),Tn. FS (51) Merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari Cluster Perusahaan.

Pasien 213 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Ny. SA (36) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasikan di RS Eka (Pekanbaru). Ny. SA (36) merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari cluster perusahaan.

Pasien 214 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Tn. Y (42) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasikan di RS Eka (Pekanbaru). Tn. Y (42) merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari cluster Perusahaan.

Pasien 215 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Nn.GTS (21) merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasikan di nRS Eka (Pekanbaru). Nn. GTS (21) merupakan karyawan Perusahaan dan bagian dari cluster Perusahaan.

Pasien 216 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Ny. R (52) merupakan warga Kecamatan Minas. Ny. R (52) menjalani perawatan di RS I.B (Pekanbaru), kemudian untuk persyaratan tindakan medis maka yang bersangkutan dilakukan Rapid dan Swab dan hasil dari periksaan tersebut dinyatakan Konfirmasi. Belum diketahui kontak eratnya.

Sedangkan 3 pasien yang dinyatakan sembuh dengan rincian: 

Pasien 182 Tn, CA (49) dari RS E.H Pekanbaru.

Pasien189 Nn. K (19) dari RS E.H Pekanbaru

Pasien 197 Tn, N (55) dari RS E.H Pekanbaru

"Terakhir, untuk sekian kalinya kami kembali mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten siak agar untuk lakukan pembatasan fisik (physical distancing). Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian," kata Budhi. (advertorial)