BENGKALIS - Ketua DPD PAN Kabupaten Bengkalis, Syaukani sangat menyayangkan adanya aksi perusakan sejumlah alat peraga kampanye (APK) milik calon anggota legislatif (Caleg) dari partai berlambang matahari ini, seperti spanduk dan baleho.

Selain dirusak, ada juga APK Caleg PAN yang telah terpasang rapi, hilang raib entah dimana rimbanya. Tidak bermaksud menuduh siapa pelaku, tapi Syaukani berharap semua pihak, termasuk tim sukses partai dan simpatisan maupun tim sukses Caleg agar bisa menahan diri dan berpolitik santun dengn tidak melakukan hal-hal yang bisa merugikan pihak lain.

''Lokos atau titik APK yang rusak atau hilang itu berada di Pulau Bengkalis dan Mandau. Termasuk baleho milik saya sendiri, ada yang hilang dan ada juga yang rusak dengan cara disayat pakai pisau cutter,'' ujar Syaukani, Minggu (3/3/2019).

Menyikapi aksi perusakan APK Caleg PAN Kabupaten Bengkalis ini, Syaukani berharap kepada Banwaslu Kabupaten Bengkalis bisa menindaklanjutinnya sehingga ke depan hal seperti ini tidak terulang kembali. Ketua DPD PAN Kabupaten Bengkalis ini juga berharap, situasi politik yang sudah berjalan kondisi kondusif sejauh ini, jangan pula sampai dirusak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

''Jika perbuatan seperti ini dibiarkan, saya kuatir bisa berdampak tidak baik terhadap pesta demokrasi di negeri kita ini. Untuk itu, mari kita berpolitik secara elegan dann santun. Silakan nyalakan lampu sendiri, tapi jangan pula lampu orang lain dimatikan,'' pinta Syaukani.

Ketika ditanya apakah pihaknya akan melaporkan kasus perusakan APK ini ke pihak Kepolisian, menurut Syaukani sedang dibahas di internal parta. Namun demikian tidak tertutup kemungkinan langkah itu akan diambil pihaknya jika memang dirasa perlu.***