PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru menjamin ketersediaan sembako dan gas tabung elpiji ukuran 3 Kg bersubsidi, masih dalam jumlah aman untuk persiapan menyambut lebaran mendatang, bahkan hingga 6 bulan kedepan. Selain itu, meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, namun masih dalam tingkat yang wajar.

"Tadi kita sudah rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan instansi - instansi terkait sembako seperti Bulog, terkait gas bersubsidi dan suplai listrik. Alhamdulillah secara keseluruhan, semuanya masih sesuai harapan," jelas Walikota Pekanbaru Firdaus, Selasa, (28/5/2019).

"Kemudian, memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan barga, seperti daging merah, tetapi naiknya masih wajar. Malah ada beberapa komoditas yang harganya turun juga," ungkapnya.

Lebih lanjut, Firdaus menjelaskan bahwa untuk gas elpiji 3 Kg, diperkirakan akan terjadi lonjakan permintaan selama sekitar satu minggu. Untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait, dan ada penambahan 8 persen.

Ads
"Soal ketersediaan gas 3 Kg, ada penambahan 8 persen, ini cukup. Kita harapkan tambahan 8 persen ini cukup untuk lonjakan permintaan gas elpiji yang diperkirakan akan terjadi sekitar seminggu ini," terangnya.

Adapun untuk aliran listrik, menurut Firdaus pihak PLN telah memastikan tidak akan ada gangguan. Pasalnya, segala perbaikan yang mengharuskan dilakukannya pemadaman sudah diselesaikan.

"PLN tadi melaporkan bahwa perbaikan yang membutuhkan pemadaman itu sudah selesai. Kalaupun nanti ada gangguan itu adalah hal - hal diluar dugaan kita dan tidak diharapkan," pungkasnya.***