SIAK - Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau kini memiliki 2 puskesmas. Selain di ibu Kota Kecamatan, kini ada 1 lagi di Kampung Mengkapan yang baru saja diresmikan oleh Bupati Siak Alfedri,Kamis (18/2/2021) pagi.

Puskesmas dibangun tahun 2020 itu, melalui anggaran dana alokasi khusus sebesar Rp 3,5 miliar. Puskesmas ini proto tipe, fisiknya sama dengan Puskesmas di daerah lain di Indonesia.

Bupati Siak Alfedri saat meresmikan Puskesmas yang megah ini melihat raut wajah masyarakat warga Mengkapan penuh ceriah. Pasalnya apa yang diharapkan selama ini telah terwujud.

GoRiau Bupati Siak Alfedri resmikan P
Bupati Siak Alfedri resmikan Puskesmas Mengkapan Sungai Apit. (Foto: Ira Widana,)
"Kami melihat wajah masyarakat kami tersenyum, karena apa yang di harapkan selama ini. Hari ini terwujud," ujar Alfedri.

Ia menceritakan, dulu masyarakat Mengkapan, Rawa Mekar dan Teluk Lanus, jika sakit mau berobat ke Puskesmas yang letaknya di Sungai Apit harus menempuh perjalan yang jauh.

"Saat ini bapak ibu tidak perlu risau, Puskesmas yang akan kita resmikan sesaat lagi, akan menjadi pusat pembangunan kesehatan masyarakat, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di sini," terangnya.

Puskesmas ini akan melayani rawat jalan bagi masyarakat di lima kampung, di kecamatan Sungai Apit yaitu kampung Mengkapan, Kampung Bunsur, Rawa Mekar, Sungai Rawa dan Teluk Lanus dapat tersenyum lebar.

"Pak ibu tidak perlu jauh-jauh berobat, warga Teluk Lanus bisa berobat di sini. Setelah berporasinya puskesmas ini, tolong warga berikeritikan agar lembaga ini dapat berbenah,"tutupnya.

Dirinya menyadari meski pelayanan kesehatan belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Namun Pemkab Siak dari tahun-tahun melakukan pembenahan ADM dan update alat kesehatan.

Bupati Siak Alfedri didamping Wakil Bupati Siak terpilih menyerahkan kartu Sehat kepada warga tidak mampu dan menyerahkan satu unit ambulan yang diterima oleh Kepala Puskesmas Sungai Apit, dan dilanjut dengan peninjauan.

GoRiau Usai resmikan Puskesmas Mengka
Usai resmikan Puskesmas Mengkapan, Bupati Siak Alfedri berikan kartu sehat kepada warga setempat. (Foto: Humas Pemkab Siak)
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Siak Raja Toni Candra menyampaiakan keberadaan Puskesmas ini diharapkan mampu membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka kemampuan untuk hidup sehat. Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan masyarakat di wilayah kerjanya.

"Alhamdulillah pembangunanya terlaksana dengan baik, kami ingin Puskesmas yang megah ini, mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik, dengan harapan derajat kesehatan dapat meningkat," ungkapnya. ***