SELATPANJANG - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti, Rizki Hidayat SStp MSi, mengakui Cabang Olahrga (Cabor) Pencak Silat  saat ini mengalami perkembangan luar biasa.

Hal itu tetlihat semenjak ditunjukanya Rony Samudra SH, sebagai ketua Plt IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kabupaten Kepulauan Meranti, meski baru beberapa bulan lalu. Namun sudah mampu membawa perubahan yang signifikan  terhadap perkembangan olahraga Pencak Silat di Kepulauan Meranti .

"Saya apreiasi keberhasilan Cabor IPSI yang begitu semangat mau bekerja keras untuk kemajuan IPSI di Kabupaten Meranti  kedepan. Ini sebuah keberhasilan yang harus kita dukung dan kita apresiasi," ungkap Riski Hidayat.

Menurut Riski untuk kegiatan diluar sudah terkafer dengan baik, dimana saat ini IPSI Kabupaten Kepulauan Meranti sudah memiki sekretariat baru, dimana di sekretariat tersebut juga tersedia ruangan latihan untuk Atlet didukung dengan serana prasarana yang baik meskipun belum maksimal.

"Di ruangan tempat latihan Atlet sudah dilengkapi dengan Matras dan peralatan lainnya fasilitas yang sudah tersedia tersebut diharapkan bisa mendorong semangat para atlet untuk lebih giat lagi latihan. Memang untuk mendapatkan prestasi tentunya tidak mudah perlu kerja keras," ujarnya.

Dikatakan Rizki, Pencak Silat merupakan salah Cabor unggulan mengingat Cabor Pencak Silat merupakan gudang mendali, apa lagi saat ini perkembangan Pencak silat saat ini cukup pesat berbagai prestasi pun sudah berhasil diraih di beberapa kejuaraan Pencak Silat, baik didalam maupun diluar Kabupaten.

Menurut Riski, selain Pencak Silat menjadi Cabor unggulan juga ada cabor lain seperti Gulat, Tinju, Sepak Takraw, Vollyball, Tenis Meja, Badminton, bahkan kedepnnya kita akan cabor atletik karena cabor atlet ini paling banyak mendali yang bisa diraih sehinga kita juga harus pokus untuk melakukan pembina terhadap cabor ini, begitu juga dengan cabor-cabor lainnya termasuk Panjat Tebing.

"Kita menghimbau kepada seluruh atlet  masing-masing cabor yang ada di Kepulauan Meranti, untuk terus giat berlatih karena dalam waktu dekat ini kita juga akan melakukan seleksi atlet untuk dipersiapan mengikuti pekan Olahraga Provisi (Porprov) yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kuansing pada  2021 mendatang," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Plt IPSI Kabupaten Kepulaun Meranti Rony Samudra SH, mengatakan kedepanya Pengkab IPSI akan terus bekerja keras untuk mendapatkan hasil maksimal, namun hasil maksimal Cabor tentunya tidak bisa berbuat banyak tanpa dukungan dari Pemkab dan dinas terkait.

"Untuk itu kedepannya kita mengharapkan kepada Pemkab maupun dinas terkait untuk bisa memberikan porsi yang lebih terhadapi IPSI," harapnya.

Menurut Rony ada beberapa Item yang wajib dimiliki oleh seorang atlet Pencaksilat, diantanyanya seorang atlet Silat itu harus memiliki mental juara, meguasa teknik, memliki fisik yang prima dan bisa menjaga dan mengontrol tingkat emosionalnya.

"Jika satu saja tidak dimiliki dari beberapa Item terfebut bisa dikatakan peluang untuk mejadi yang terbaik akan terhambat," ujarnya.

Dikatakan Rony, untuk bisa meraih prestasi itu tidak mudah, tidak cukup hanya dengan latihan extra keras saja akan tetapi perlu  dukungan dana  yang cukup besar.

"Apalgi silat ini merupakan olahraga body conteck tentunya segala sesuatunya  perlu kita perhitungan  mualai kesehatan sampai jam terbang para atlet dan tentunya membutuhkan biaya yg cukup besar," pungkasnya. (rls)