JAKARTA - Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta bisa digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga. Tak hanya itu, arena tersebut bisa juga digunakan untuk seni pertunjukan.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali usai mendampingi Presiden Joko Widodo menghadiri topping off atau pengatapan Indoor Multifunction Stadium, Jumat (13/1). Selain itu, arena tertutup itu juga bisa dipakai untuk konser musik. “Itu multifungsi. Basket bisa, bulu tangkis bisa, voli bisa, dan cabang olahraga bela diri bisa disitu. Dan tak hanya olahraga, untuk seni budaya dan petunjukan,” kata Menpora Amali.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa berkomitmen untuk membangun Jakarta agar setara dengan kota-kota dunia. Salah satunya yakni membangun fasilitas olahraga. “Kita akan terus membangun Jakarta dan melengkapi agar Jakarta memiliki fasilitas-fasilitas yang setara dengan kota-kota lain yang ada di dunia,” kata Presiden Jokowi.

Infrastruktur olahraga tersebut berkapasitas penonton sebanyak 16.253 orang. Pembangunan arena itu dibangun sejak 2021 dan menelan biaya Rp 639 miliar. Proses fisik pembangunan sudah mencapai 74 persen.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, sore hari ini Topping Off Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno saya nyatakan telah selesai,” kata Presiden Jokowi.

Seperti diketahui, IMS dibangun dalam rangka menyambut pelaksanaan FIBA World Cup yang rencananya akan digelar pada Agustus 2023 mendatang. Ditargetkan pembangunan arena ini tuntas seluruhnya pada Juni 2023. ***