JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi  Sadikin mendukung adanya Ide penggunaan kembali pemain asing pada Indonesia Basketball League (IBL) 2022. Musim lalu di tengah pandemi Covid 19, IBL 2021 sepenuhnya bermaterikan pemain lokal.

"Kami terbuka dengan ide adanya pemain asing dan hadirnya penonton, namun perlu kehati-hatian dan dilaksanakan dengan bertahap," kata Menkes saat menerima presentasi IBL secara virtual, Sabtu, 11 September.

"Segalanya harus dimulai perlahan, kemudian lakukan evaluasi. Jika memang bagus bisa dilakukan peningkatan secara bertahap," kata Budi.

Dalam pertemuan virtual tersebut Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah juga melaporkan sukses penyelenggaraan IBL 2021 yang dilaksanakan dengan sistem gelembung dan protokol kesehatan.

"Kami juga mempresentasikan pentingnya kontinuitas kompetisi IBL untuk mendukung dan menjaga momentum pelaksanaan FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 dimana Indonesia akan menjadi tuan rumah," kata Junas.

Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan dukungan dan semangat. "Saya berharap protokol kesehatan yang disusun oleh IBL bisa menjadi standar protokol kesehatan di dalam pelaksanaan event internasional seperti FIBA Asia Cup dan FIBA World Cup," tuturnya.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut PLT Dirjen Kesmas Kemenkes, drg. Kartini Rustandi M.Kes. Dari pihak IBL Junas didampingi Senior Competition Manager IBL Rufiana dan Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi. ***