TEMBILAHAN -Polres Indragiri Hilir (Inhil) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dan Granat menggelar donor darah massal dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-75 Bhayangkara dan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI).

Donor darah masal dipusatkan di halaman parkir eks Gedung Unisi, Jalan Swarna Bumi Tembilahan, Kamis (24/6/2021).

Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan mengatakan, kegiatan donor darah diikuti sejumlah jajaran Polres Inhil dan instansi terkait lainnya.

"Ini merupakan kegiatan sosial kemanusiaan, agenda dalam rangka menyambut hari ke-75 Bhayangkara," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, dalam pelaksanaan kegiatan sosial itu dilaksanakan melalui proses assesmen medis yang ketat.

Tidak semua personel dapat melaksanakan donor darah sebab bergantung pada kelayakan atau kondisi fisik kesehatan dari masing-masing anggota.

"Tentu sebelum donor darah, terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatan dengan ketat. Apalagi saat pandemi seperti ini," tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dilakukan juga penerapan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan terkait pencegahan penularan COVID-19.

"Pada pelaksanaan donor darah, yang pasti penerapan protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat," terang AKBP Dian.

Selain dalam rangka menyambut hari Bhayangkara, lanjutnya, kegiatan sosial ini untuk dapat memberikan sumbangsihnya dalam hal kebutuhan pasokan darah di Inhil. Pasalnya, darah merupakan bagian penting dari manusia.

"Saya berharap kegiatan donor darah dapat membantu ketersediaan darah di PMI Kabupaten Inhil. Dengan demikian, diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah," tandas Kapolres Inhiil.***