JAKARTA - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, meledek Timnas Indonesia jelang timnya menjamu Thailand di leg I final Piala AFF 2022, Jumat (13/1/2022) pukul 19.30 WIB. Park Hang-seo mengatakan Timnas Indonesia sebagai tim yang paling berisik di Piala AFF 2022.

Anggapan itu muncul setelah Park Hang-seo bersua Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong di semifinal Piala AFF 2022. Saat itu, Shin Tae-yong beberapa kali melemparkan psywar ke Vietnam dan Park Hang-seo.

Shin Tae-yong mengatakan level Vietnam dan Timnas Indonesia setara. Selain itu, Shin Tae-yong juga mengkritik wasit karena gagal mengawasi pergerakan fullback kiri Vietnam, Doan Van Hau, yang dikenal licik dan kasar.

Pada akhirnya, Park Hang-seo berhasil membungkam Shin Tae-yong setelah Vietnam menang 2-0 atas Timnas Indonesia di leg II semifinal Piala AFF 2022. Hasil itu yang akhirnya membuat Vietnam lolos ke final Piala AFF 2022 untuk menghadapi Thailand pada 13 dan 16 Januari 2022. "Sebagian besar tim mengatakan gaya permainan kami kasar. Namun, cuma ada satu tim yang berbicara banyak soal kami," kata Park Hang-seo mengutip dari Semuanya Bola.

"Indonesia merupakan tim yang paling banyak bicara soal gaya permainan keras kami. Seharusnya mereka harus belajar lebih banyak dulu. Sepakbola merupakan olahraga fisik dan kami tak setuju jika disebut sengaja bertindak kasar untuk melukai lawan," tegas pelatih 65 tahun ini.

Park Hang-seo boleh jemawa di hadapan Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia. Sebab, semenjak membesut Vietnam pada 2017, skuad asuhannya tak pernah kalah dari Timnas Indonesia.

Pertemuan pertama tersaji di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berlangsung di Bali pada Oktober 2019. Bermain di Stadion Dipta Gianyar, Timnas Indonesia asuhan Simon McMenemy kalah 1-3.

Kemudian, pertemuan selanjutnya terjadi di SEA Games 2019. Baik di fase grup maupun final, Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri kalah 1-2 dan 0-3 dari Vietnam racikan Park Hang-seo.

Bagaimana dengan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong kontra Vietnam era Park Hang-seo? Dari lima pertemuan di berbagai ajang, Shin Tae-yong menderita dua imbang dan tiga kalah! Ironisnya dalam lima pertemuan itu, Shin Tae-yong gagal membawa skuad asuhannya membobol gawang Vietnam.***