PEKANBARU - Memasuki H-6 lebaran, arus mudik di Pelabuhan Sungai Duku di Jalan Tanjung Datuk, Pesisir, Kota Pekanbaru pada Kamis (30/5/2019) mengalami penurunan pemumpang jika dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Kemarin, jumlah penumpang yang berangkat dan turun di pelabuhan mencapai 753, namun hari ini jumlah penumpang menurun hingga 434 orang.

Kepala UPTD Pelabuhan Sungai Duku, Sudarmi mengatakan, jumlah penumpang kadang berubah-ubah. Namun, untuk keseluruhan, jumlah penumpang mengalami kenaikan. Meskipun demikian, ia menuturkan hingga saat ini, pihaknya belum menambah jumlah kapal yang berangkat.

Sudarmi juga memprediksi, kelonjakan jumlah penumpang ini akan terjadi pada H-3 lebaran.

Ads
"Biasanya kelonjakan penumpang terjadi di H-3 lebaran," kata Sudarmi.

Untuk segi keamanan dan ketertiban pelabuhan, Sudarmi mengklaim bahwa telah terlaksana dengan baik.

Tidah hanya itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin berangkat melalui jalur ini, untuk tidak membawa barang yang berlebihan. Terlebih, bagi penumpang yang nantinya menaiki kapal transit.

Menyangkut harga tiket, Sudarmi menuturkan tidak ada kenaikan harga tiket di Pelabuhan Sungai Duku.

"Harga tiket di pelabuhan ini sama seperti hari biasanya," tuturnya.

Untuk harga sekali berangkat menggunakan kapal SB Siak Wisata 01 Pekanbaru-Siak dengan kapasitas 25 orang, dikenakan tarif Rp80.000 per orang, SB Merantau Jaya Ekspres trayek Pekanbaru-Selat Panjang kapasitas 108 penumpang, Rp165.000 per orang.

Kemudian, SB Naga Line trayek Pekanbaru -Selat Panjang dengan kapasitas 102 penumpang dikenenakan tarif Rp165.000 per orang, untuk SB Porti atau Garuda Ekspres kapasitas 96 penumpang dengan tarif Rp165.000, terakhir KM Jelati Ekspres dengan trayek Pekanbaru-Selat Panjang berkapasitas 165 penumpang dikenakan tarif Rp120.000 per orang untuk sekali keberangkatan. ***