JAMBI - Aktivitas vulkanik Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci, Jambi, terus meningkat. Pada Kamis (12/1/2023) sore, sekitar pukul 18.10 WIB, gunung tertinggi di Pulau Sumatera itu menyemburkan abu vulkanik setinggi 1.200 meter dari puncaknya.

Dikutip dari sindonews.com, petugas pos pengamatan Gunung Kerinci, Irwan, membenarkan ketinggian erupsi Gunung Kerinci semakin meningkat.

"Ya benar sore ini sekitar pukul 18.10 WIB erupsi Gunung Kerinci mencapai 1.200 meter, yang sebelumnya 900 meter," ujarnya, Kamis malam.

Dituturkan Irwan, kolom abu vulkanik Gunung Kerinci teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut dan erupsi sampai terus berlangsung.

"Saat ini masih status waspada level II dan masyarakat di sekitar gunung api Kerinci dan pengunjung serta wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak Gunung Api Kerinci di radius 3 km," ucapnya.

Sambung Iwan, dari kawah aktif masyarakat dilarang beraktifitas pada radius bahaya 3 kilometer. Iwan juga mengjngatkan untuk menghindari jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci, karena bisa erupsi sewaktu-waktu.

Sementara Kepala Basarnas Jambi, Kornelis, saat dikonfirmasi mengatakan, terkait Gunung Kerinci yang erupsinya sudah mencapai 1.200 meter, tim siap meluncur ke Kerinci untuk bersiaga.***