PANGKALANKERINCI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pelalawan, Riau hadirkan layanan keliling memfasilitasi masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan.

Dikatakan Kepala Disdukcapil Kabupaten Pelalawan, Nipto Anin, Jumat (23/9/2022), layanan keliling merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah melayani masyarakat melakukan kepengurusan administrasi kependudukan (Adminduk).

Namun begitu, kata dia, pelayanan adminduk keliling ini masih difokuskan pada wilayah yang jauh dari ibukota dan sulit dijangkau.

"Untuk dua wilayah kecamatan terjauh yakni Kuala Kampar dan Teluk Meranti itu sudah dijangkau oleh layanan keliling. Fokus kita memang pada wilayah pelosok," katanya.

Menurut Nipto, dengan adanya layanan adminduk keliling, masyarakat tak perlu lagi jauh-jauh datang ke ibukota kabupaten untuk mengurus adminduk. "Termasuk rekam dan cetak KTP," jelas dia.

Layanan adminduk keliling dalam rangka mempermudah masyarakat dalam mendapatkan segala bentuk layanan administrasi kependudukan. 

"Antusias masyarakat untuk pelayanan keliling ini cukup tinggi, ini akan dilanjutkan di Ukui dan Kerumutan. Untuk pembuatan KTP langsung cetak ditempat," tandasnya.

Nipto memastikan jumlah ketersediaan blanko KTP elektronik (e-KTP) di Disdukcapil Pelalawan masih cukup aman.

"Untuk ketersediaan blanko e-KTP masih aman, cukup tersedia. Pelayanan juga lancar," pungkasnya.***