JAKARTA - Setelah menjalani laga eksebisi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016 , cabang bolabasket 3X3 resmi dipertandingkan pada PON XX Papua yang akan dihelat 2-15 Oktober 2021.

Di Papua nanti, ada delapan tim masing-masing dari kategori putera dan puteri bakal memperebutkan medali. Dalam drawing yang dilakukan akhir pekan kemarin, untuk kategori putera pool A diisi Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua, dan Jawa Tengah. Kemudian Jawa Barat, Riau, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara berada di pool B.

Selanjutnya untuk kategori puteri, pool A ada DKI Jakarta, Sumatera Barat, Papua, dan Kalimantan Barat. Adapun pool B diisi Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

"Basket 3x3 tahun ini pertama kali dipertandingkan resmi memperebutkan medali di PON. Sebelumnya baru cabang eksebisi. Sehingga tidak ada tim unggulan yang mendapat previllege khusus selain tim tuan rumah Papua. Drawing dilakukan berdasarkan hasil pra-PON yang lalu," jelas Wakil Ketua Umum PP PERBASI Bidang Pembinaan dan Prestasi George Fernando Dendeng.

Dengan dipertandingkan secara resmi, maka ada harapan baru untuk cabang olahraga bola basket 3x3 berkembang lebih pesat lagi. Sebab, akan semakin banyak pemuda dan pemuda Indonesia tersalurkan hobinya menjadi atlet bolabasket 3x3.

"Tentunya harapan besar kami dari nomor 3x3 pada PON XX Papua ini kita bisa mendapat pemain-pemain potensial. Kita sudah lihat ada beberapa nama yang mungkin bisa untuk ke Tim Nasional (Timnas). Kita lihat mereka akan berproses di PON nanti," jelas George.

Pembagian Pool Putera

Pool A : 1. Jawa Timur, 2.Sulawesi Selatan, 3, Papua, 4. Jawa Tengah.

Pool B : 1. Jawa Barat, 2. Riau, 3. DKI Jakarta, 4. Sumatera Utara.

Pembagian Pool Puteri

Pool A : 1. DKI Jakarta, 2. Sumatera Barat, 3. Papua, 4. Kalimantan Barat.

Pool B : 1. Bali, 2. Jawa Tengah, 3. Jawa Barat, 4. Sulawesi Selatan. ***