MANCHESTER – Manchester United tampil sebagai pemenang derby jilid kedua musim ini. MU comeback untuk mengalahkan Manchester City 2-1.

Laga Manchester United vs Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris berlangsung di Old Trafford, Sabtu (14/1/2023) malam WIB. Laga berjalan alot, namun MU lebih banyak mengancam di babak pertama yang tuntas tanpa gol.

Man City merebut keunggulan lebih dulu pada babak kedua, saat Jack Grealish mencetak gol pada menit ke-60. MU bereaksi dan menyamakan kedudukan lewat Bruno Fernandes pada menit ke-78.

Marcus Rashford lantas tampil sebagai pahlawan pada menit ke-82, memastikan kemenangan untuk Manchester United. Dengan hasil ini, MU mencatatkan lima kemenangan beruntun dan merapatkan jarak ke Man City.

MU naik ke posisi tiga dengan 38 poin dari 18 laga, satu poin saja di belakang Manchester City di urutan kedua. Arsenal memimpin dengan 44 poin dari 17 laga.

Jalannya Pertandingan

Manchester United memulai pertandingan. Manchester City mencoba mengendalikan permainan dengan menguasai bola dan menjaga tempo pertandingan.

Tyrell Malacia meminta penalti pada menit kesembilan setelah sepakannya membentur Riyad Mahrez. Tapi hakim garis mengangkat bendera tanda offside.

Sebuah kesalahan dari Bernardo Silva nyaris berbuah fatal buat Man City. Umpan cerobohnya dipotong di tengah dan Christian Eriksen mengirim umpan ke Bruno Fernandes yang terbebas di kanan. Sepakan Fernandes berakhir melebar.

MU melakukan serangan cepat lagi lewat Anthony Martial di kiri. Namun umpannya belum menemui kawan di kotak penalti.

Man City mencoba menusuk dari kiri. Joao Cancelo memainkan umpan terobosan untuk Phil Foden, namun timing-nya kurang pas sehingga offside.

Serangan lain dari tim tamu, kali ini berawal dari umpan silang Silva. Bola gagal dihalau dengan sempurna oleh MU dan jatuh di kaki Erling Haaland. Sepakan Haaland terhalau oleh Casemiro.

MU mendapatkan peluang bagus pada menit ke-34! De Bruyne kehilangan bola dan Fernandes melepaskan umpan terukur untuk Marcus Rashford di kiri.

Ederson memutuskan maju jauh untuk memotong bola, tapi gagal! Rashford lolos, namun sepakannya dihalau Manuel Akanji di depan gawang.

Kerja sama Fred dan Eriksen berujung umpan apik untuk Rashford pada menit ke-37. Lolos di sisi kiri, kali ini Rashford gagal menceploskan bola karena Ederson berhasil menghalau lebih dulu.

Sebelum babak pertama berakhir, Kyle Walker melepaskan tembakan jarak jauh yang masih melebar ke kanan gawang. Skor 0-0 menutup paruh pertama.

MU memulai babak kedua dengan pergantian pemain. Anthony Martial digantikan oleh Antony.

Dari tendangan bebas pada menit ke-52, umpan lambung Eriksen diterima Raphael Varane dan sepakannya melenceng tipis! Diketahui belakangan Varane sudah lebih dulu offside.

Man City merespons tak lama berselang. Umpan De Bruyne ditanduk Silva di dalam kotak penalti, cuma bola tak menemui rekan dan bisa disapu oleh pertahanan MU.

GOL! Man City unggul pada menit ke-60. Membangun serangan dari kanan, Mahrez mengoper ke De Bruyne yang menusuk ke sisi kanan di dalam kotak penalti. Ia melepaskan umpan silang yang disambar Jack Grealish dengan sundulan!

MU mulai mengambil inisiatif lebih. Sebuah sepakan dari Aaron Wan-Bissaka pada menit ke-67 diblok oleh Nathan Ake.

GOL! MU menyamakan skor pada menit ke-78. Rashford lolos dan mengejar bola dari Casemiro. Namun ia kemudian melepaskan bola untuk disambar Bruno Fernandes ke pojok kanan gawang.

Hakim garis sempat mengangkat bendera tanda offside dan gol dianulir. Keputusan itu kemudian diubah karena Rashford tak menyentuh bola sama sekali.

GOL! MU berbalik unggul pada menit ke-82. Dari serangan balik, Alejandro Garnacho menerima umpan dari Fernandes di kiri.

Upaya pertamanya untuk mengumpan terhalang, tapi bola kembali dan umpannya berhasil mengarah ke Rashford di kesempatan kedua. Rashford dengan mudah menceploskan bola melewati Ederson.

Man City meminta penalti ada menit ke-86, setelah Haaland merasa diganjal Casemiro. Tapi wasit dan VAR tak menganggap terjadi pelanggaran.

Man City menekan di sisa waktu, namun tak berhasil mendapatkan gol penyama. Manchester United 2-1 Manchester City.***