PEKANBARU - Setelah sempat tutup akibat pandemi Covid-19, CGV akhirnya kembali membuka salah satu Bioskopnya yang ada di Pekanbaru, Rabu (26/5/2021).

Bioskop tersebut adalah CGV Holiday yang berlokasi di Jalan Sultan Syarif Qasim No 120, Kota Tinggi, LimaPuluh, Pekanbaru. 

Cinema Manajer CGV Holiday Pekanbaru dan Studio Pekanbaru, Lusiana Fitriani mengatakan hal ini sejalan dengan surat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru Satuan Tugas Penanganan Covid-19 no. 1054/STP/SEKR/III/2021 tentang rekomendasi izin pembukaan kembali bioskop di Kota Pekanbaru tahun 2021.

"Pembukaan site ini sejalan dengan rilisnya 2 film blockbuster yakni A Quiet Place II & Cruella," ujar Lusiana.

Ia mengatakan adapun CGV Holiday dapat kembali beroperasi dengan beberapa catatan. Yang pertama adalah kapasitas penonton dibatasi hingga 50% saja. 

"Kemudian khusus batasan usia 0-12 tahun dan Lansia tidak diperbolehkan masuk serta untuk Show terakhir pukul 20.00 malam," sebutnya.

Kemudian untuk menjaga tata cara pelaksanaan operasional pembukaan bioskop yang dijalankan, sesuai dengan peraturan pemerintah tentang adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman pada situasi Covid-19, CGV telah berkomitmen menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana protokol kesehatan sesuai dengan panduan dari Kementrian Kesehatan dan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Diantaranya Staff dan Penonton wajib memakai masker di seluruh area bioskop. Mengecek suhu tubuh penonton sebelum masuk ke area bioskop. Menerapkan social distancing dengan tamu dan sesama petugas minimal 1 meter.

"Kemudian melakukan system pelacakan pengunjung (Tracing) dengan QR Code dan manual. Mengurangi kapasitas tempat duduk di ruang auditorium hingga 50 persen guna menjaga jarak aman antar penonton. Menggunakan partisi di meja counter sebagai perlindungan tambahan untuk pekerja dan pengunjung," sebutnya.

Selanjutnya adalah pembersihan didalam Auditorium, termasuk tempat duduk, sebelum dan setelah penayangan film. Kemudian menjaga kualitas udara dengan mengoptimalkan sirkulasi udara, serta pembersihan filter AC secara berkala.

"Selanjutnya adalah menyediakan gel pembersih tangan atau handsanitizer. Transaksi pembayaran untuk pembelian tiket menonton dan minum-minum dilakukan secara digital (cashless) melalui web dan aplikasi digital CGV atau mesin-mesin penjualan tiket/makan-minum yang ada di bioskop dan penempatan materi komunikasi kepada pengunjung di seluruh area CGV dan secara daring/online untuk meningkatkan pengetahuan tentang protokol  kesehatan di bioskop," bebernya.

CGV berharap dengan membukanya kembali bioskop, dapat memberi semangat kembali pada insan Rumah Produksi dalam merilis film-film nasional, membantu pemulihan ekonomi sektor industry kreatif, membuka lapangan kerja di sekitar area CGV beroperasi, serta memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat dengan menerapkan  protokol kesehatan yang ketat.

"Adapun harga tiket Regular 2D dimulai dari Rp 25.000,00, Sweetbox 2D mulai dari Rp75.000,00," pungkasnya.

Untuk detail daftar film dan jam tayangnya serta pemesanannya bisa dilihat dan dilakukan di web cgv.id atau aplikasi digital CGV. ***