PEKANBARU - Direktorat Lalu Lintas Polda Riau dan jajaran Polres, sudah menyiapkan 68 Pos Pengamanan (Pos Pam) dan Pos Pelayanan (Pos Yan) diseluruh ruas jalan lintas yang menghubungkan Riau dengan beberapa provinsi tetangga. Pos ini menyebar diseluruh titik jalur lintas dan bisa digunakan gratis oleh pemudik saat lebaran nanti.

Data yang dirangkum GoRiau.com dari Direktorat Lalu Lintas Polda Riau, sedikitnya disiapkan 39 Pos Pengamanan (Pam) dan 29 Pos Pelayanan (Yan). Di sana pemudik bisa beristirahat atau sekedar mengecek kendaraan, sebelum melanjutkan perjalan ke luar kota. Pos itu juga dilengkapi berbagai fasilitas hingga tim medis.

Bagi pemudik, tidak ada salahnya mencatat lokasi-lokasinya buat sekedar berjaga-jaga, agar nanti perjalanan aman, lancar dan tidak terkendala. Berikut GoRiau.com rincikan titik penempatan Pos Pengaman dan Pelayanan yang bakal didirikan diseluruh Riau:

1. Bengkalis: Untuk Pos Pengamanan berada di Balai Raja dan Jalan Lintas Pekanbaru-Duri Km 118. Untuk Pos Pelayanan di Pokok Jengkol Duri dan Pos di Roro Air Putih.

2. Dumai: Untuk Pos Pengamanan berada di Ramayana Jalan Jenderal Sudirman sementara Pos Pelayanan berada di Terminal Akap Jalan Kelakap Tujuh Dumai,  Roro TPI Purnama, Bandara Pinang Kampai dan di Pelindo Jalan Datuk Laksamana.

3. Inhil: Untuk Pos Pengamanan berada di Jalan Jenderal Sudirman, Desa Rumbai Kecamatan Kempas dan Pos di Selensen. Untuk Pos Pelayanan berada di Pelindo Jalan Yos Sudarso serta Sei Guntung.

4. Inhu: Untuk Pos Pengamanan terdapat di Kecamatan Lirik Jalan Lintas Timur desa Japura Km 180, Kecamatan Siberida Dusun Berapit Km 212 dan satu lagi di Kecamatan Batang Gangsal Simpang Geranit. Untuk Pos Pelayanan di Polsek Rengat Barat Km 194 dan Pos Lantas 90 Jalan Sultan Rengat Pematang Rebah.

5. Rohul: Pos Pengamanan di Pasar Kabun Km 102-103, Pos Pengamanan di Tandun Km 117-118 Masjid Bintang Ubudiyah Tandun, Pos Pengamanan di Ujungbatu Km 152 serta di Simpang Kumu Kecamatan Rambah Hilir. Untuk Pos Pelayanan berada di Simpang LKA Km 221 Tambusai, Simpang TB Km 118 Desa Puo Jaya Kecamatan Tandun dan di Pos Terpadu Pujasera Batang Lubuh Km 180 Pasirpengaraian.

6. Kampar: Pos Pengamanan berada di Rimbo Panjang Km 20, di Pasar Danau Bingkuang, Pos Pengamanan di Pasar Kampar, Pasar Airtitis, dan Pos Pengamanan di Lapangan Merdeka. Lalu untuk Pos Pelayanan berada di Km 109 (RM Kelok Indah Koto Kampar).

7. Kuansing: Pos Pengamanan di Tanjung Pauh Km 90, Pos Pengamanan di Cerano Km 160 Kecamatan Kuantan Tengah, di Kasang Km 195 dan Pos di Cerenti Km 220.

8. Siak: Untuk Pos Pengamanan terdapat di Km 70 Kandis, di Simpang Minas-Perawang Km 29. Sementara untuk Pos Pelayanan berada di Pelabuhan Buton, kawasan Istana Siak dan Pos Pelayanan di Km 11 Perawang.

9. Kepulauan Meranti: Pos Pengamanan di Pelabuhan Tanjung Harapan, Pos Pengamanan di Taman Cikpuan. Untuk Pos Pelayanan berada di Pelabuhan Tanjung Harapan dan Taman Cikpuan.

10. Pekanbaru: Pos Pengamanan di Tenayan Raya Jalan Imam Munandar, Purna MTQ Jalan Jenderal Sudirman, Simpang Garuda Sakti Jalan HR Soebrantas, Sigunggung Jalan Siak II, Muara Fajar Jalan Yos Sudarso dan di Ramayana Jalan Jenderal Sudirman. Untuk Pos Pelayanan berada di Sei Duku, Terminal Akap, dekat Mal SKA, Plaza Citra dan Mal Ciputra.

11. Pelalawan: Pos Pengamanan di Beringin Jalintim Km 26, Pos Pengamanan di Sorek Km 115, Pos Pengamanan di Ukui Km 146. Untuk Pos Pelayanan di Km 55 Pangkalan Kerinci serta Pos Pelayanan di Ramayana Km 69.

12. Rohil: Pos Pengamanan di Bukit Timah Simpang Bukit Timah-Dumai, di Batu Enam Jalan Lintas Bagansiapi-api, Bangko Pusako Balam, Bagan Bakti Km 17 dan Simpang Martabak perbatasan Riau-Sumut. Untuk Pos Pelayanan di Suzuya Jalan Jenderal Sudirman, Kelenteng depan Kelenteng Baa dan Pos Pelayanan di Ujung Tanjung. ***