BANGKINANG - Terkait informasi bangunan sekolah dasar negeri (SDN) di Tapung Hulu Kabupaten Kampar yang masih berlantaikan tanah dan berdinding anyaman bambu, Bupati Kampar, Azis Zaenal belum mengetahui kondisi sekolah tersebut. Meski begitu dia berjanji akan menindaklanjuti informasi tersebut.

Bukan hanya bupati, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kampar, Muhammad Yasir yang belum tahu dengan itu.

"Kita belum dapat laporan. Kalau begitu, harus kita perhatikan lah ya. Kita akan meninjau, ini adalah aset, muridnya adalah Anak-anak dan Cucu-cucu kita," ujarnya saat diwawancara usai menghadiri acara lomba cipta menu, Selasa (18/7/2017) di lokasi wisata Stanum Bangkinang.

Azis Zaenal selaku Bupati Kampar berjanji agar di Kampar tak ada lagi sekolah yang kondisinya tidak layak. Seperti kondisi SDN 028 dan SDN 026 Danau Lancang, Kecamatan Tapung Hulu. "Insya Allah, tidak akan ada lagi sekolah yang berlantai tanah," tegasnya.

Sementara itu Kepala Disdikpora Kampar Muhammad Yasir yang mana juga belum mengetahui bahwa adanya sekolah yang kondisinya tidak layak. Bahkan, dia malah balik bertanya kepada wartawan, SDN apa yang berlantai tanah dan berdinding anyaman bambu tersebut.

"SD no berapa?" tanya Yasir melalui pesan singkat aplikasi whatsapp kepada wartawan, Selasa (18/7/2017). Sebelumnya, Yasir juga telah dicoba dikonfirmasi melalui sambungan telepon, namun tidak bisa dihubungi.

Dalam pesan tersebut, dia mengaku akan mengecek kondisi sekolah tersebut ke lapangan. "Kita cek nanti dengan kasubag evaluasi dan monitoring," sebutnya. Dia juga bertanya mengapa sekolah yang tidak layak tersebut tidak terpantau selama ini.

Terkait dengan sikapnya, dia mengaku akan melakukan perbaikan terhadap sekolah itu. Namun, dia tidak bisa memastikan kapan akan dilakukan perbaikan atau pembangunan bangunan sekolah itu.

"Kalau sikap kita, asal ada dana yang kita usulkan akan kita perjuangkan, APBD 2018 atau bantuan pusat," sebut Yasir.

Sebelumnya yang mana seperti diberikan sebelumnya, ada dua sekolah dasar negeri (SDN) di Desa Danau Lancang, Kecamatan Tapung Hulu, yang fasilitasnya sangat minim. Yakni, SDN 028 dan SDN 026 Danau Lancang. Ruang belajar muridnya semi permanen, dan berlantai tanah. ***