JAKARTA - Borussia Dortmund, klub sepak bola Jerman, menyumbangkan kostum Julian Brandt bernomor 19 itu untuk keluarga korban Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Menurut keterangan tertulis yang diterima Antara, Rabu (23/11/2022) malam, kostum milik bintang Jerman itu dilelang dan dibeli oleh pengusaha asal Vietnam sebesar 1.500 dollar AS.

Carsten Cramer Managing Director Dortmund, menyerahkan hasil lelang kepada Suryopratomo Duta Besar Indonesia untuk Singapura di One Fullerton Hotel, Rabu (23/11/2022). "Ini merupakan bagian rasa simpati kami kepada keluarga korban tragedi di Stadion Kanjuruhan," kata Cramer.

Diketahui, Dortmund melakukan tur ke Asia Tenggara menyusul jeda kompetisi karena Piala Dunia 2022. Juara Liga Jerman delapan kali itu akan melangsungkan pertandingan persahabatan melawan Lion City Sailors, juara Liga Singapura pada Kamis (24/11/2022) di Stadion Jalan Besar.

Selain itu, Cramer juga menyampaikan permohonan maaf kepada pecinta Dortmund di Indonesia karena batalnya kunjungan mereka ke Surabaya. "Kami sebenarnya sudah menjadwalkan untuk singgah ke Indonesia selain Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Lain kali kami pasti akan singgah dan bermain di Indonesia," kata Direktur Pelaksana Dortmund itu.

Kejadian yang terjadi di Stadion Kanjuruhan menjadi alasan batalnya Dortmund berkunjung ke Surabaya. Tidak tuntasnya penanganan Tragedi Kanjuruhan membuat pertandingan sepak bola di Indonesia dihentikan.

Dortmund membawa para pemain, tidak terpanggil ke tim nasional, untuk ikut tur ke Asia Tenggara. Marco Reus kapten kesebelasan, Mats Hummels, Emre Can center-back dibawa pelatih Edin Terzic dalam lawatan kali ini.

Pelatih Hans-Dietter Flick mencoret Reus dalam tim nasional karena cedera pergelangan kaki saat tampil di pertandingan Bundesliga melawan Schalke, September lalu. "Sayang saya tidak bisa membela tim nasional. Tetapi saya bersyukur cederanya semakin membaik sekarang ini,” kata Reus yang selalu gagal membela Die Mannschaft di ajang Piala Dunia karena cedera.***