JAKARTA - Banyak wanita mengalami benjolan pada payudaranya. Masalah kesehatan ini bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Dikutip dari Sindonews.com dr Kevin Mak mengatakan benjolan di payudara disebut sebagai fibroadenoma mammae (FAM) dan biasanya terjadi di usia 18-30 tahun karena mengonsumsi makanan tertentu.

“Walaupun penyebabnya belum 100 persen jelas, ini bisa terjadi karena respons jaringan payudara yang lebih aktif terhadap hormon estrogen. Salah satunya bisa karena konsumsi makanan-makanan yang mengandung hormon estrogen,” kata dr Kevin dikutip dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Kamis (18/4/2024).

Ada tiga jenis makanan bila sering dikonsumsi bisa menyebabkan benjolan di payudara, yakni:

1. Seblak dan makanan instan

2. Junk food

3. Mi instan

Selain karena makanan tertentu, benjolan di payudara juga bisa terjadi karena faktor risiko tertentu. Misalnya adalah riwayat benjolan payudara di keluarga, minum pil KB sebelum usia 20 tahun, dan terkadang bisa timbul saat hamil atau menyusui.

“Banyak perempuan muda sering ngalamin benjolan di payudara dan saat kejadian pasti panik, takut, dan khawatir,” ujar dr Kevin Mak.

"Tapi kalau pada tahu cara mengurangi dan menghindari hal-hal yang ada di post ini kayaknya bakal membantu banget mencegah penyakit FAM,” lanjutnya.

Di sisi lain, penting untuk diingat bahwa tidak semua benjolan di payudara adalah tanda kanker payudara. Namun, jika Anda menemukan benjolan atau perubahan lain dalam payudara, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi lebih lanjut dan diagnosis yang tepat.***