PEKANBARU - Titik panas (hotspot) masih saja bermunculan di Provinsi Riau. Dari laporan update pantauan hotspot melalui citra satelit pada pukul 06.00 WIB, Sabtu (25/1/2020) pagi, diketahui ada sebanyak 13 hotspot dengan level confidence di atas 50 persen yang tersebar di Provinsi Riau.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami mengatakan, bahwa 13 hotspot tersebut tersebar di Kabupaten Bengkalis sebanyak tiga titik, Pelalawan tiga titik, dan Indragiri Hilir (Inhil) satu titik. Seperti yang diketahui, selama berhari-hari Bengkalis hampir tidak pernah absen dalam 'menyumbang' hotspot di Riau.

"Dari 13 titik ini, ada empat titik yang berada di level confidence di atas 70 persen atau diduga titik api. Semuanya di Bengkalis," kata Sanya di Pekanbaru, Sabtu pagi.

Lebih detailya, kata Sanya, empat titik api di Bengkalis tersebut terdeteksi di Kecamatan Pinggir dan Kecamatan Bengkalis masing-masing satu titik, serta dua titik di Kecamatan Rupat Utara.

"Bahkan yang di Kecamatan Bengkalis ini level confidencenya mencapai 100 persen," tegasnya. ***