PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tidak akan menggelar pawai takbiran untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri atau lebaran tahun 2019 ini. Menurut Walikota Pekanbaru Firdaus, hal itu dikarenakan beberapa alasan, salah satunya karena perayaan Idul Fitri tahun ini bercampur dengan suasana politik yang belum usai.

"Hari Raya tahun ini bercampur dengan suasana politik yang belum usai, artinya dengan mengurangi keramaian dijalan, akan lebih mudah untuk keamanan. Kemudian, kita juga sudah konsultasi dengan ulama dan para tokoh, ternyata kegiatan ini lebih banyak mudharatnya daripada manfaat," jelasnya, Selasa, (28/5/2019).

Firdaus menjelaskan, sebagai gantinya, untuk perayaan malam takbiran akan diadakan di Masjid Paripurna. Ditingkat Kota Pekanbaru akan diadakan di Masjid Paripurna Ar-Rahman.

"Basisnya di Masjid dan sentralnya di Masjid Paripurna ditingkat kecamatan masing - masing dan kelurahan. Di tingkat Kota Pekanbaru adalah Masjid Paripurna Ar-Rahman," ujarnya.

Ads
Sementara itu, Firdaus mempersilahkan kepada masyarakat untuk menggelar pawai keliling kampung, dengan menggunakan obor atau musik tradisional. Namun, ia menghimbau agar sebelum kegiatan, sudah dilaporkan kepada Polsek setempat, untuk pengamanan dan pengawalan.

"Bila masyarakat ingin melakukan pawai keliling kampung dengan obor atau musik tradisional, silakan saja. Yang penting laporkan ke Kapolseknya, sehingga pengamanan dan pengawalan dapat dilakukan dengan baik," pungkasnya. ***