TELUKKUANTAN – Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau sudah di depan mata. Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sebagai tuan rumah lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan segala sesuatu.

Terlepas dari itu, ternyata masih banyak masyarakat yang salah kaprah dalam penulisan Porprov ini. Tidak hanya masyarakat, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Kuansing juga ditemukan kesalahan dalam penulisan Porprov.

Dari beberapa surat menyurat, baik yang diterbitkan PB Porprov hingga Gubernur Riau, tertulis 'Porprov Riau X' dan ada juga 'Porprov Riau ke-X'. Lantas, bagaimana penulisan yang benar?

Menurut Yulita Fitriana, ahli bahasa dari Balai Bahasa Riau, penulisan Porprov yang benar sesuai kaidah bahasa Indonesia adalah 'Porprov X Riau', 'Porprov ke-10 Riau'.

"Penulisan yang benar adalah Porprov X Riau atau Porprov ke-10 Riau," ujar Yulita kepada GoRiau.com, Rabu (21/9/2022).

Sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan, penulisan bilangan tingkat dapat menggunakan angka Romawi, gabungan awalan ke- dan angka Arab, atau huruf.

Jika angka bilangan yang digunakan adalah angka romawi, maka penulisannya 'Porprov X Riau', tidak menggunakan awalan ke-.

Awalan ke- digunakan jika bilangan yang digunakan adalah angka arab, seperti 'Porprov ke-10 Riau.'

"Yang kesepuluh itu Porprov-nya, bukan Riau-nya. Jangankan di masyarakat, di pemerintahan saja masih banyak yang salah, " ujar Yulita sambil tersenyum.***